Mengintip Pantai Taman Manalusu Garut yang Begitu Eksotis

Mengintip Pantai Taman Manalusu Garut yang Begitu Eksotis

Bagi Anda yang hendak berlibur ke Garut, Jawa Barat, Pantai Taman Manalusu bisa menjadi salah satu rekomendasi destinasi wisata terbaik untuk Anda. Pantai ini menyimpan keindahan alam yang begitu eksotis dan siap memanjakan mata Anda.

Garut memang memiliki berbagai ciri khas tersendiri sebagai salah satu kota besar di Jawa Barat. Mulai dari jeruk keproknya, dodol garutnya, domba garutnya, dan masih banyak lagi. Destinasi wisata di kota ini pun juga tidak kalah menarik.

Pantai ini sempat dikelola oleh pemerintah daerah, namun saat ini dikelola oleh karang taruna desa setempat. Wajar saja jika perawatan dan penyediaan fasilitas memang belum begitu optimal. Akan tetapi, secara umum pantai ini menyimpan pesona yang begitu indah yang tak bisa Anda lewatkan.

 

Lokasi dan Tiket Masuk Pantai Taman Manalusu

Lokasi dari pantai nan indah ini adalah di Cigadog, Cikelet, Garut, Jawa Barat. Untuk sampai di pantai ini, rute yang perlu Anda lalui tidaklah sulit. Telah tersedia papan informasi yang cukup jelas bagi para wisatawan.

Jika Anda dari arah Kabupaten Garut, silahkan menuju Bayongbong/Samarang kemudian Simpang 3 Cikajang, lalu ambil kiri arah Pameungpeuk. Sesampainya di Pamengpeuk, perjalanan Anda hampir sampai, sehingga hanya perlu mengkuti petunjuk arah saja.

Apabila Anda dari arah Bandung, silahkan menuju Banjaran, kemudian menuju Pagelangan, lalu Cisewu, dan sampai di Perempatan Alfamart Rancabuaya. Di perempatan ini, silahkan ambil kiri menuju Cikelet, sehingga Anda sudah akan segera tiba di Pantai Taman Manalusu.

Untuk tiket masuk pantai ketika hari libur hanya sebesar Rp 10.000 – 15.000,- per motor. Sementara untuk roda empat biaya retribusi sebesar Rp 40.000 – 50.000,-. Adapun untuk hari biasa, pengunjung tidak akan dipungut biaya retribusi.

Keindahan Taman Manalusu yang Eksotis

Pantai ini akan sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari pantai yang masih begitu asri, tidak padat oleh pengunjung, serta memberikan nuansa yang begitu tenang. Pantai ini memang belum begitu populer dengan pantai Garut lainnya, namun sebenarnya memiliki potensi yang luar biasa.

Salah satu hal yang spesial dari pantai ini adalah adanya muara air sungai yang menembus pantai. Keunikan ini sangat menarik bagi wisatawan yang hobi berenang atau bermain air. Terlebih lagi, ombak di pantai ini tidak begitu besar, sehingga aman untuk berenang.

Adanya sungai di pantai ini juga sering digunakan oleh anak-anak sebagai tempat berenang yang aman. Selain itu, ketika selesai bermain air di pantai, pengunjung pun juga bisa membilas tubuhnya di sungai yang jernih ini.

Pantai Taman Manalusu ini dihiasi dengan hamparan pasir putih yang mempesona. Selain itu, terdapat pula karang-karang yang ketika surut akan terekspos, sehingga Anda bisa mengamati biota-biota karang.

Daya tarik lainnya dari pantai ini adalah adanya spot yang sangat tepat untuk menikmati sunset. Di pantai ini, Anda juga akan bisa menikmati keindahan mentari yang tenggelam di ufuk barat.

Sinarnya yang begitu lembut dipadukan dengan angin yang begitu segar dan suara gemuruh ombak menjadikan suasana begitu syahdu dan hangat. Momen ini akan sangat cocok bagi Anda beserta pasangan atau keluarga untuk bersantai sembari menikmati hidangan di sore hari.

Pantai Taman Manalusu merupakan salah satu pantai di Garut yang menyimpan potensi keindahan alam yang luar biasa. Bagi Anda yang berkunjung di Garut, pantai ini bisa menjadi salah satu kunjungan Anda untuk me-refreshing badan dan pikiran Anda.