Pantai Ranca Buaya, Pesonanya Berhasil Memikat Wisatawan

Pantai Ranca Buaya, Pesonanya Berhasil Memikat Wisatawan

Pantai Ranca Buaya adalah salah satu pantai yang ada di Garut. Alamat pantai ini yaitu Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Memiliki batu-batu karang besar dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia merupakan ciri khas pantai ini. Yang juga membuat pantai memiliki ombak yang cukup besar.

Pantai ini berada di ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut. Penyinaran matahari yang sedang dan kekuatan tiupan angin yang kecil, serta curah hujan 1.200mm/tahun.

Material dasar laut di pantai ini berupa pasir halus dan batu karang. Ada juga pasir kasar yang berada di sepanjang garis pantai.

 

Pantai Ranca Buaya Penuh Akan Keindahan

Tak cukup kata untuk menggambarkan keindahan pantai ini. Mata kita akan dimanjakan dengan hamparan pasir luas serta warna air laut yang sangat biru.

Suasana akan semakin asri dengan adanya pepohonan rindang khas pantai. Sejumlah gazebo juga disediakan untuk tempat anda bersantai.

Anda juga dapat melihat ikan-ikan yang terperangkap di karang akibat terkena gelombang. Flora yang terdapat di pantai tersebut tentunya tidak kalah indah.

Yang menarik dari pantai ini adalah terdapat tebing batuan yang cukup tinggi. Selain itu, terdapat air terjun yang langsung menghadap ke pantai. Pastinya semua itu jarang kita temukan di pantai-pantai lain.

Fasilitas yang Tersedia

Pantai yang telah mendapat perhatian dari pemerintah daerah ini, dilengkapi dengan sarana serta fasilitas yang memadai. Tentunya semuanya akan memudahkan wisatawan saat berlibur ke pantai ini.

Pengunjung tentu masih bisa melaksanakan ibadah shalat tepat waktu. Karena di Pantai Ranca Buaya tersedia fasilitas berupa mushola.

Selain itu, penginapan yang tersedia tentu tidak jauh dari lokasi pantai. Berbagai penginapan tersedia dengan harga yang bervariasi.

Wisatawan yang ingin mencicipi hidangan khas pantai bisa mengunjungi warung makan dengan olahan laut spesial dari Jawa Barat. Bisa juga membeli ikan dan jenis seafood lainnya untuk dibawa pulang.

Masih banyak lagi fasilitas yang disediakan bagi pengunjung. Diantaranya kamar mandi, loket masuk lokasi, area parkir, dan lainnya.

Akses Jalan Menuju Lokasi

Saat ini, akses menuju lokasi terbilang mudah. Pernyataan tersebut didukung oleh adanya plang petunjuk jalan menuju lokasi.

Karena banyaknya jalur yang dapat dilewati untuk sampai ke tujuan, anda bisa menggunakan beberapa alternatif jalan. Salah satunya anda bisa menuju pusat Kota Garut. Setelah itu, ambil rute menuju Caringin.

Namun bagi anda yang ingin menuju Pantai Ranca Buaya dari arah Bandung. Anda bisa langsung menuju arah Pangalengan dilanjut ke Caringin.

Hunting Foto

Pantai ini banyak diburu oleh para fotografer yang ingin mengabadikan keindahan yang ada. Tak heran jika pantai ini sangat tepat untuk dijadikan tempat hunting foto.

Waktu terbaik untuk berfoto ialah ketika kecantikan sunset mulai terlihat. Namun keindahan di pagi hari maupun di siang hari, tak akan mengurangi kecantikan foto yang dihasilkan.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Untuk menikmati keindahan pantai ini, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk, yaitu sebesar Rp5.000 per orang untuk weekdays (Senin-Jumat) serta sebesar Rp10.000 untuk weekend (Sabtu dan Minggu).

Jam operasional pantai ini yaitu 24 jam. Terlebih bagi pengunjung yang memiliki kepentingan seperti pengadaan camping dan lainnya.

Itulah beberapa informasi mengenai Pantai Ranca Buaya. Jika anda berkunjung ke Kota Garut, tak ada salahnya menyempatkan untuk menikmati keindahan pantai yang eksotis tersebut. Jangan lupa untuk tetap menjaga kelestarian pantai agar terjaga keindahannya. Selamat berwisata dan jangan lupa tetap jaga kesehatan.