Oleh-Oleh Jeruk Keprok Garut yang Wajib Anda Bawa

Oleh-Oleh Jeruk Keprok Garut yang Wajib Anda Bawa

Oleh-oleh merupakan barang yang berupa apapun yang dibawa pulang oleh seseorang untuk dibagikan kepada keluarga, kerabat, atau tetangga setelah bepergian. Jika Anda berkunjung ke Garut, oleh-oleh jeruk keprok Garut wajib Anda bawa.

Buah jeruk keprok asal Garut ini memiliki ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan varietas jeruk lainnya. Jeruk keprok memiliki rasa yang manis sedikit masam dan begitu segar. Warna kulit jeruk ini juga cukup variatif, mulai dari hijau hingga kuning.

Bentuk dari jeruk keprok ini bulat dan agak gepeng, serta mempunyai konde sebagai ciri khasnya. Kulit buah ini juga memiliki tekstur yang agak kasar, namun rasanya begitu segar. Jeruk ini juga begitu mudah dikupas dan memiliki ukuran yang cukup besar.

Jeruk keprok Garut tentu akan menjadi oleh-oleh yang sangat tepat bagi tetangga atau kerabat Anda di rumah. Meskipun sederhana, namun oleh-oleh khas Garut ini tentu dapat memberikan kebahagiaan serta mempererat tali persaudaraan.

 

Oleh-oleh Jeruk Keprok Garut

Kabupaten Garut menjadi sentra dari perkebunan jeruk yang sangat potensial di kawasan Jawa Barat. Garut menyumbang sebesar 63% hasil perkebunan jeruk di Jawa Barat. Angka ini tentu menunjukkan bahwa Garut memiliki hasil kebun yang cukup fantastis.

Tak heran jika jeruk asal Garut ini begitu terkenal di kalangan pertanian dan perkebunan. Masyarakat pun sangat menggemari buah jeruk asal Garut. Buahnya yang besar, berkualitas, serta rasanya yang manis-masam yang begitu segar menjadikan buah ini begitu favorit, khususnya jeruk keprok.

Dinas Pertanian Kabupaten Garut menyampaikan bahwa Garut memiliki 1400 hektar lahan yang ditanami berbagai varietas jeruk. Dengan demikian, komoditas jeruk ini memiliki peran yang sangat penting bagi perekonomian masyarakat Garut.

Perbedaan Jeruk Keprok dan Jeruk Siam

Terkait oleh-oleh jeruk keprok Garut, terdapat jenis jeruk lain yang memiliki kemiripan dengan jeruk keprok, yakni jeruk siam.

Seringkali orang salah mengidentifikasi mana jeruk siam dan mana jeruk keprok. Padahal, keduanya sangat berbeda, dimana masing-masing memiliki ciri khas tersendiri, diantaranya:

Rasa Jeruk

Jeruk keprok memiliki rasa yang manis dan sedikit masam, serta begitu segar ketika dikonsumsi. Perpaduan rasa tersebut menghasilkan rasa yang begitu segar. Berbeda dengan jeruk siam, jeruk siam memiliki rasa yang cenderung lebih manis.

Namun untuk karakteristik ini tentu kita perlu terlebih dahulu mencicipinya. Sehingga karakteristik ini tidak bisa diketahui jika tidak memakannya.

Kulit Buah

Dari oleh-oleh jeruk keprok Garut, kulit buahnya memiliki tekstur yang kasar dan tidak begitu mengkilap, baik yang berwarna hijau maupun kuning atau oranye. Adapun untuk jeruk siam, memiliki kulit yang lebih mengkilap serta tekstur yang lebih halus.

Pada jeruk keprok, kulit buah juga cukup tebal, sehingga ukurannya pun juga cukup besar. Sedangkan, untuk jeruk siam, kulit buah lebih tipis, sehingga ukurannya juga relatif lebih kecil daripada jeruk keprok.

Berbentuk ‘Konde’

Salah satu ciri khas dari jeruk keprok adalah bentuknya yang seakan benjol-benjol, sehingga sering disebut memiliki ‘konde’. Berat dari jeruk ini pun umumnya 125 – 274 gram.

Untuk jeruk siam, penampakan buahnya cenderung berbentuk bulat, tanpa benjolan-benjolan. Berat dari jeruk ini umumnya juga hanya 99,8 – 112,2 gram per buahnya.

Bagi Anda yang berkunjung ke kota Garut, oleh-oleh jeruk keprok Garut bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda bawa pulang. Oleh-oleh ini akan sangat cocok dibagikan kepada tetangga, kerabat, serta keluarga.