Mau Buat Jersey Sepeda? Pilih Sablon atau Bordir?

Mau Buat Jersey Sepeda? Pilih Sablon atau Bordir?

Dalam waktu dekat punya rencana untuk memesan jersey sepeda agar kompak saat bersepeda bersama dengan rekan atau anggota keluarga? Maka ada banyak hal perlu dilakukan. Mulai dari pemilihan tempat pemesanan, desain jersey, sampai jenis variasi yang akan digunakan.

Bicara mengenai variasi pada pakaian termasuk jersey, ternyata fungsinya beragam. Bisa mempermanis desain dan menjadi ciri khas dari jersey yang dipesan. Selain itu jenis variasi ini ternyata cukup beragam. Sudah tahu belum?

Jenis Variasi pada Jersey Sepeda

Jersey umumnya dipesan di tempat pemesanan kaos, termasuk juga di jasa sablon kaos. Umumnya pegawai di tempat pemesanan akan menanyakan mengenai detail desain termasuk juga variasi yang akan digunakan pada jersey sepeda yang dipesan. Variasi ini sendiri ada banyak, paling sering dipilih adalah variasi bordir dan juga sablon. Berikut detail penjelasannya:

1. Variasi Bordir

Variasi pertama yang banyak dipilih adalah bordir, yakni jenis variasi pada jersey maupun produk fashion lain yang berupa rajutan benang pada pakaian. Rajutan benang ini kemudian bisa dibentuk dengan berbagai pola. Baik itu berbentuk bunga, hewan, logo, maupun tulisan. Kelebihan variasi bordir sendiri antara lain:

  • Hasil finishingnya rapi, terutama untuk bordir manual yang dikerjakan dengan sangat hati-hati.
  • Lebih detail, sehingga bentuk apapun terlihat jelas.
  • Karena berupa rajutan benang pada kain maka cenderung awet dan tahan lama.
  • Harga variasi bordir umumnya murah.
  • Proses pengerjaan cepat, khususnya untuk bordir komputer.

Hanya saja untuk variasi bordir sendiri kurang cocok untuk kain yang melar, sehingga perlu dikonsultasikan dulu dengan pengrajinnya.

2. Variasi Sablon

Jenis variasi kedua adalah sablon, yakni variasi dengan cara mengaplikasikan tinta sablon pada pakaian. Sama seperti bordir, variasi sablon juga bisa dibentuk dengan mudah memakai pola apapun dengan kombinasi warna berapapun. Jenis atau teknik sablon juga beragam mulai dari digital printing sampai sablon manual. Kelebihan variasi jenis ini antara lain:

  • Jenis finishing beragam ada yang timbul atau tiga dimensi ada pula yang dark in the glow alias bersinar dalam gelap.
  • Tetap bagus saat diaplikasikan pada kain yang melar.
  • Cocok untuk gambar atau desain berukuran besar.
  • Proses pembuatannya cepat dan bisa dipesan secara massal.

Hanya saja untuk variasi sablon pada jersey sepeda umumnya mudah luntur, terutama untuk jenis sablon tertentu yang diketahui daya tahannya kurang bagus. Selain itu kurang tahan panas karena karakter tinta sablon mayoritas mudah rusak saat terkena suhu tinggi. Sehingga saat memesan variasi sablon perlu dirawat dengan teliti sesuai petunjuk agar awet.

Pilih sablon atau Bordir?

Melalui penjelasn diatas, kira-kira untuk pemesanan atau pembuatan jersey sebaiknya memakai variasi yang mana? Pada dasarnya masing-masing adalah pilihan bagus karena memang punya kelebihan sekaligus kekurangan tersendiri. Pemilihan tentunya bisa disesuaikan kebutuhan. Namun jika bahan jersey yang digunakan melar maka lebih cocok memakai sablon, jika tidak maka bisa memilih yang sekiranya memberi hasil terbaik.

Supaya hasil bordir maupun sablon pada jersey ini memuaskan sebaiknya memesannya di Custom.co.id yang sudah berpengalaman. Anda akan dibantu memiliki jersey sepeda dengan variasi detail karena dikerjakan oleh ahlinya dan dengan ketelitian tinggi.