Makanan Khas Garut Paling Terkenal

Rekomendasi Makanan Khas Garut Paling Terkenal dengan Rasa yang Nikmat

Makanan khas Garut paling terkenal kini bisa anda dapatkan dengan mudah. Sudah bukan rahasia lagi jika makanan merupakan kebutuhan pokok yang wajib terpenuhi. Tidak jarang orang rela pergi ke suatu tempat hanya untuk mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Salah satunya daerah yang memiliki potensi tempat yang ramai pengunjung, yaitu Garut.

Makanan khas Garut ini beragam sehingga banyak orang yang menggunakannya sebagai buah tangan saat berkunjung. Kuliner khas Garut Jawa Barat banyak sekali macamnya dan masing-masing memiliki keunikan sendiri-sendiri. Jadi saat anda berkunjung ke kota ini, jangan sampai terlewatkan untuk mencoba makanan-makanan khas yang paling rekomended.

 

Makanan Khas Garut Paling Terkenal

Setiap daerah pasti memiliki makanan khas masing-masing, begitu juga dengan Garut Jawa Barat. Banyak menu yang memiliki cita rasa tinggi dan paling populer saat ini. Ada banyak makanan ringan dan oleh-oleh yang bisa anda bawa pulang. Perpaduan rasa yang khas, gurih, dan lezat membuat lidah siapa saja ingin menikmatinya tiada henti.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan khas Garut yang populer dan cukup terkenal dari dulu hingga saat ini. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan tersebut:

Dodol Piknik

Makanan paling populer dari Garut dan tidak pernah lekang oleh waktu yaitu dodol. Dodol menjadi makanan khas pertama yang paling terkenal dan kini sudah banyak memiliki kemasan yang menarik dan unik. Selain itu, banyak perusahaan yang mengembangkan dodol yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Salah satunya yaitu dodol piknik Garut. Pembuatan dodol sangat teliti untuk dapat menjaga kualitas dan rasanya. Sehingga sebagian besar orang memilih makanan khas ini untuk jadi buah tangan atau oleh-oleh.

Jeruk Garut

Makanan khas kedua yang bisa anda jadikan oleh-oleh yaitu jeruk Garut. Buah yang satu ini memang menjadi ciri khas daerah tersebut dan memiliki rasa yang manis. Jeruk ini memiliki ukuran besar yang menjadi simbol identitas warga Garut. Garut menjadi sentral penghasil dan penjual buah, khususnya jeruk. Jeruk Garut sudah memiliki nama, baik kancah nasional maupun internasional.

Burayout Garut

Makanan khas Garut paling terkenal selanjutnya ini berasal dari bahasa Sunda yang memiliki bentuk unik dan menarik. Bahan pembuatannya berasal dari gula merah dengan perpaduan tepung beras dan kacang tanah. Pembuatannya menggunakan kombinasi minyak kelapa.

Dorokdok

Makanan khas Garut yang terkenal berikutnya yaitu dorokdok. Bagi anda yang tidak menyukai makanan manis, dorokdok adalah pilihan yang tepat. Makanan khas ini terbuat dari kulit sapi. Pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama berkisar antara 5-7 hari. Pengolahannya menggunakan bahan rempah-rempah tanpa bahan pengawet. Ada banyak tempat produksi yang memberikan berbagai rasa menarik dan tidak kalah enak. Selain rasa original, anda bisa mendapatkan berbagai rasa lainnya.

Emplod

Makanan khas Garut emplod juga memiliki sebutan dengan endok lowo. Nama tersebut ialah nama telur yang berasal dari daerah kampung lewo. Singkong menjadi bahan dasar pembuatan yang sudah melalui proses gulung dan peras. Selanjutnya, singkong tersebut tunggu hingga 24 jam barulah campur dengan parutan kelapa dan bumbu. Ukurannya kecil dan bahan tersebut melalui proses penggorengan. Makanan khas Garut ini sudah banyak terpampang pada pusat oleh-oleh berbagai tempat di Garut.

Ada banyak makanan khas Garut paling terkenal yang bisa anda bawa pulang saat berkunjung. Anda bisa memilih sesuai selera dan setiap makanan memiliki ciri khas rasanya masing-masing.