Kawah Talaga Bodas Garut

Kawah Talaga Bodas, Tempat Wisata yang Pas Untuk Mlipir Bareng

LOKA.CO.ID – Kawah Talaga Bodas merupakan tempat wisata berupa kawah yang berada di Caringin, Karangtengah, Garut, Jawa Barat. Tentunya tempat wisata ini tidak asing untuk para wisatawan yang hobby adventure, karena lokasinya sekitar 28 km dari pusat Kota Garut.

Kawasan seluas 23,85 ha ini dikelilingi dengan hutan dan pegunungan indah yang menghijau. Penduduk sekitar banyak yang memanfaatkan air kawah ini sebagai pengobatan yang ampuh untuk berbagai penyakit.

Tidak heran jika Kawah Talaga ini menjelma menjadi tempat wisata favorit di masa pandemi seperti saat ini. Pada dasarnya, selain nuansa alam yang semakin banyak di-publish di sini, anda juga akan merasakan sensasi rilex hati dan juga pikiran setelah berbulan-bulan di rumah saja akibat lockdown.

 

Daya Tarik Wisata Kawah Talaga Bodas

Siang hari merupakan waktu yang paling pas untuk berkunjung ke destinasi wisata ini, supaya dapat menikmati pesona keindahan kawahnya. Talaga Bodas Garut adalah salah satu kawah Gunung Galunggung yang sudah meletus ratusan tahun yang lalu. Pada sisi utara gunung di kawasan wisata kawah ini tergolong dengan suhu dingin.

Bentuk kawah ini memanjang disertai dengan pesona perbukitan yang indah di sekelilingnya. Para pengunjung dapat melakukan berbagai macam aktivitas di wisata ini. Diantaranya adalah berkeliling di area kawah, tracking dan hiking sangat cocok bagi jiwa petualang, bermain di kolam air panas serta selfie atau swafoto untuk memenuhi konten pribadi anda.

Adapun daya tarik kuat yang mampu membuat para pengunjung jadi klepek-klepek adalah pesona alamnya yang begitu wah. Pepohonan yang hijau, pemandangan yang segar, dan kawah yang cantik menjadi nilai plus pada wisata ini.

Bodas artinya putih. Mengapa demikian? Karena air telaga di sini berwarna putih. Hal itu mungkin disebabkan oleh material yang terletak pada dasar telaga yang putih. Apalagi, bebatuan di bibir telaga juga didominasi oleh warna putih. Sehingga wisata ini dinamakan Kawah Talaga Bodas.

Harga Tiket Masuk

Sebelum masuk ke kawasan objek wisata alam Kawah Telaga Bodas, para pengunjung wajib membeli tiket. Harganya pun sangat terjangkau, yaitu cukup Rp 10 ribu per orang. Tiket ini tidak hanya digunakan untuk memasuki kawasan wisata ini saja, melainkan sudah termasuk asuransi juga.

Kegiatan Outbond

Beragam aktivitas wisata yang dapat dilakukan oleh para wisatawan di kawasan wisata ini. Salah satunya adalah kegiatan outbond yang sangat cocok untuk para petualang yang menyukai alam. Di area pintu masuk para wisatawan langsung disambut oleh indahnya pemandangan alam yang dapat membius mata.

Kendaraan wisatawan hanya bisa mengakses sampai area parkir. Perjalanan selanjutnya dapat dilakukan dengan berjalan kaki sekitar 1 km atau menyewa sepeda motor. Para wisatawan dapat berjalan kaki maupun mengendarai sepeda motor sembari menikmati indahnya pemandangan sekitar yang tidak membosankan.

Sambil tracking dan hiking ringan, para pengunjung disuguhi panorama perbukitan yang mengelilingi area Kawah Talaga Bodas. Suasana yang sejuk menandakan ciri khas alami dari pegunungan di wisata ini. Semua lelah akan terbayar ketika anda sudah sampai di kawah dengan pesona keindahannya yang memikat hati.

Danau Vulkanik Cantik

Nama objek wisata alam ini memang sesuai dengan apa yang divisualisasikan. Telaga Bodas merupakan sebuah danau kawah yang masih aktif sampai saat ini. Para pengunjung tidak perlu khawatir meskipun kawah pada wisata ini masih aktif. Karena aktivitas vulkanik yang terdapat pada kawah tidak membahayakan, sehingga dapat dikatakan aman untuk pengunjung.

Keasrian Lingkungan Wisata

Wisata ini memiliki keasrian lingkungan yang masih sangat terjaga. Tekstur tanah yang terjaga juga membuat subur, sehingga pepohonan yang ditanam menjadi tumbuh rindang. Di kawasan sekitar kawah terdapat banyak tanaman sayuran seperti tomat, kol, serta rumput ilalang yang dimanfaatkan oleh warga setempat. Keadaan lingkungan kawah cukup baik dengan kebersihan serta bentang alam yang sangat indah.

Lokasi Kawah yang Indah

Waktu yang diperlukan untuk menempuh perjalanan menuju lokasi kawah berkisar 40 menitan dari terminal Garut. Baik menggunakan roda dua maupun dengan roda empat.

Letak Kawah Talaga Bodas dikelilingi oleh hamparan dinding bukit yang hijau. Para pengunjung tidak disarankan untuk mencoba minum air danau atau berenang disana. Mengapa demikian? karena pada air tersebut terdapat endapan belerang yang kandungannya berefek tidak bagus untuk tubuh.