Cara Membuat Foto Estetik dengan Kamera Bokeh Samsung untuk Konten Instagram

Cara Membuat Foto Estetik dengan Kamera Bokeh Samsung untuk Konten Instagram

Bokeh merupakan teknik fotografi yang bisa menghasilkan foto estetik. Foto bokeh akan terlihat lebih fokus karena area di sekitar objek terlihat blur. Kamera bokeh samsung tentunya bisa menghasilkan gambar lebih fokus, terlebih jika digunakan dengan tepat. Bagi yang ingin coba membuat foto bokeh sebaiknya ikuti cara berikut ini:

1. Atur Aperture dengan Nilai Paling Kecil

Pengaturan nilai aperture sangat penting dalam fotografi, salah satunya untuk membuat foto bokeh dengan fokus yang sangat tajam. Semakin kecil nilai aperture maka objek yang ditangkap kamera akan semakin fokus. Pengaturan aperture memang lebih sering dilakukan oleh fotografer yang menggunakan kamera saat memotret, tetapi kini aperture juga bisa diatur pada pengaturan kamera HP Samsung keluaran terbaru seperti seri M dan seri A.

2. Atur Jarak Objek dengan Kamera

Cara berikutnya yaitu mengatur jarak objek dan kamera. Pastikan jarak ini dekat secara manual di mana pengambilan gambar tidak dilakukan secara zoom. Kamera bokeh Samsung memang bisa menghasilkan gambar fokus dengan mode otomatis, tetapi akan lebih baik jika gambar diambil secara manual karena kualitas foto akan lebih bagus.

Semakin dekat objek foto dengan kamera akan semakin bokeh foto yang dihasilkan. Cara seperti ini dapat dianalogikan ketika mata sedang melihat benda dari jarak yang sangat dekat dengan mata. Secara otomatis, pandangan mata di sekitar objek secara otomatis menjadi blur.

3. Jauhkan Jarak Objek dari Background

Mengambil gambar bokeh dari objek berupa benda mungkin akan lebih mudah karena benda tersebut dapat dijauhkan dari background. Hal ini juga sebetulnya dapat dilakukan jika objek foto adalah manusia. Untuk menghasilkan foto bokeh, pastikan model berada cukup jauh dari pemandangan sekitar atau latar. Jika di belakang model terdapat pepohonan, pastikan posisinya cukup jauh dari pepohonan tersebut.

4. Gunakan Mode Burst

Cara yang lebih praktis untuk menghasilkan foto bokeh dengan kamera Samsung yaitu menggunakan mode burst. Dengan mode ini pengguna tidak perlu repot-repot melakukan pengaturan aperture. Mode ini dapat menghasilkan foto bokeh dari objek yang bergerak.

Pengguna bisa memanfaatkan mode burst pada HP Samsung untuk memotret seorang anak yang sedang berlari dan objek bergerak lainnya. Mode burst akan memotret banyak gambar dalam satu kali jepretan. Maka, pengguna bisa memilih foto terbaik yang paling fokus dengan area sekitar objek yang blur.

5. Atur Fokus dari Pro Mode

Pengguna juga bisa menghasilkan foto bokeh dari Pro Mode yang tersedia dalam pengaturan kamera samsung. Setelah memilih mode ini, pengguna hanya perlu menyentuh bagian layar yang menunjukan objek foto. Setelah menyentuhnya, maka objek tersebut akan terlihat lebih fokus dan area sekitarnya secara otomatis menjadi lebih blur.

Itulah 5 cara membuat foto estetik dengan kamera bokeh Samsung. Foto bokeh memang sangat menarik dan bisa dijadikan sebagai konten Instagram untuk mempercantik tampilan feed. Sebab, objek dalam foto bokeh akan terlihat lebih fokus.