Ciri-Ciri Domba Garut Asli yang Wajib Anda Ketahui

Ciri-Ciri Domba Garut Asli yang Wajib Anda Ketahui

Untuk mendapatkan domba Garut asli, Anda harus bisa memahami ciri-ciri domba Garut asli. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan domba terbaik untuk Anda ternak atau Anda gunakan sebagai hewan Qurban.

Domba Garut merupakan salah satu varietas domba terbaik di Indonesia. Di Indonesia, jenis domba yang satu ini sudah sangat populer dan banyak diminati oleh masyarakat. Banyak masyarakat yang memilih domba Garut ini untuk penghasil daging maupun untuk domba aduan.

 

Ciri-Ciri Domba Garut Asli

Di Indonesia sendiri, domba sudah banyak diternakkan. Berbagai jenis domba pun juga telah ada di Indonesia, dengan masing-masing karakteristik yang berbeda. Karakteristik yang berbeda ini pun juga dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan manusia.

Berikut ini merupakan ciri-ciri domba Garut asli agar Anda bisa mendapatkan domba Garut yang terbaik untuk Anda pelihara atau Anda ternakkan:

Tubuh Domba Garut

Domba Garut memiliki tubuh dengan ukuran yang besar dengan leher yang kuat. Untuk berat dari domba ini berkisar antara 40 – 80 kg untuk jantan, dan 30 – 40 kg untuk betina. Postur tubuhnya yang besar dan kuat ini menjadikan domba ini sering dijadikan sebagai domba aduan terbaik.

Kepala Domba Garut

Kepala dari domba ini memiliki bentuk yang cenderung cembung, tidak begitu panjang, dan memiliki dahi yang lebar. Adapun domba Garut jantan memiliki tanduk yang besar dan kuat, serta melengkung ke belakang dan memiliki bentuk spiral.

Adapun untuk ciri-ciri domba Garut asli betina, tidak memiliki tanduk yang memanjang. Sementara baik domba Garut jantan maupun betina memiliki daun telinga yang relatif lebih kecil dari domba pada umumnya.

Ekor Domba Garut

Domba Garut memiliki ekor yang berbentuk segitiga terbalik. Pada bagian pangkal ekor terdapat timbunan lemak dan semakin mengecil pada bagian ujung ekor. Pada domba jenis lainnya, umumnya tidak ada deposisi lemak, sehingga ekor cenderung lebih tipis.

Rambut Domba Garut

Rambut yang dimiliki Domba Garut tidak begitu lebat sebagaimana domba untuk penghasil wol. Domba Garut cenderung memiliki rambut yang pendek pada bagian tubuhnya. Selain itu, tidak jarang pula pada bagian leher dan dada ditumbuhi rambut yang memanjang.

Keunggulan Domba Garut Asli

Domba Garut memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan jenis domba lainnya. Baik sebagai domba aduan maupun domba pedaging, domba Garut ini memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan domba lainnya.

Ciri-ciri domba Garut asli adalah sifatnya yang temperamental. Selain itu, domba ini juga memiliki ketangkasan yang cukup baik. Hal inilah yang menjadikan domba Garut sangat pas untuk dijadikan sebagai domba aduan.

Domba Garut merupakan salah satu jenis domba yang sangat tangkas dengan penampilannya yang begitu eksotis. Tubuhnya yang begitu tinggi, kekar, rambut yang berbagai corak, serta tanduk yang khas menjadikan domba ini sangat diminati.

Harga dari domba Garut pun cukup fantastis, mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah. Ternak domba Garut juga sangat menguntungkan. Sebab, domba ini mampu beranak lebih dari dua ekor dalam satu siklus kelahiran, dan satu tahun dapat terjadi 2 siklus kelahiran.

Ciri-ciri domba Garut asli tersebut sangat penting untuk anda pahami agar bisa mendapatkan domba yang terbaik untuk ternak, peliharaan ataupun domba aduan anda. Berbagai keunggulan domba Garut asli ini tentu sangat menarik dan menguntungkan bagi para pecinta hewan ternak. Sayang jika dilewatkan.