Asuransi Motor Syariah, Ini 6 Keuntungan Yang Bisa Anda Peroleh

Asuransi Motor Syariah, Ini 6 Keuntungan Yang Bisa Anda Peroleh

Banyaknya pemilik kendaraan bermotor yang mulai mengasuransikan kendaraan mereka, memicu tumbuhnya jenis asuransi yang semakin beragam dari waktu ke waktu. Salah satunya adalah jenis asuransi motor syariah. Diluar bidang agama, asuransi motor syariah ini kerap dianggap memiliki kelebihan dibanding jenis lainnya.

Dengan adanya kelebihan ini, tidak heran jika asuransi motor syariah mulai banyak dilirik oleh masyarakat. Lantas, kira-kira keuntungan apa saja yang bisa didapatkan jika menggunakan asuransi motor jenis ini? Berikut 6 keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Asuransi Motor Syariah Berprinsip Gotong-royong

Ini artinya, antar satu nasabah dan nasabah yang lainnya saling bergotong royong dengan perusahaan asuransi sebagai perantaranya. Secara otomatis, dengan adanya prinsip gotong royong ini, nasabah dari asuransi syariah bisa saling membantu satu sama lain.

Asuransi Syariah Lebih Terbuka 

Bukan hanya berprinsip gotong royong, asuransi untuk motor yang berlandaskan syariah Islam ini juga mengedepankan yang namanya keterbukaan dalam melakukan kerja sama dengan nasabah. Bentuk transparansi ini bisa ditemui pada polis dan keuntungan.

Petugas asuransi memiliki kewajiban untuk menjelaskan program asuransi yang ditawarkan perusahaan yang terdapat pada polis. Hal ini, selain memudah nasabah, juga berguna untuk menghindari yang namanya kesalah pahaman di kemudian hari.

Sementara dari segi keuntungan, karena berlandaskan pada agama, asuransi sepeda motor terbaik ini tidak melulu mengedepankan perihal keuntungan.

Dengan Asuransi Syariah Semua Harus Untung

Prinsip semua harus untuk ini dalam artian tidak hanya perusahaan yang diuntungkan, namun nasabah juga. Untuk menghindari kerugian di kemudian hari, petugas asuransi akan memberikan penjelasan secara detail supaya nasabah nantinya tidak mengajukan komplain terkait ketentuan yang diberikan oleh perusahaan asuransi.

Bahkan, bila nasabah merasa dirugikan, sebelum menyetujui polis, calon nasabah bisa menanyakan ulang kepada petugas.

Asuransi Syariah Diawasi Oleh Dewan Pengawas Syariah

Adanya pengawasan oleh dewan pengawas syariah tidak memungkinkan perusahaan asuransi untuk membuat peraturan yang semena-mena sehingga merugikan nasabah. Bahkan, bila perusahaan terbukti melakukan kesalahan, izin operasi usaha bisa dicabut.

Karena berbasis syariah, asuransi ini haruslah mentaati seluruh prinsip syariah termasuk dalam urusan kehalalan. Sehingga tidak hanya asuransi syariah, namun jenis ini juga bisa menjadi asuransi motor terbaik.

Bersifat Universal

Sama seperti jenis asuransi lainnya, asuransi syariah juga bersifat universal. Tidak memandang agama, untuk non muslim pun juga bisa menggunakan layanan asuransi ini. Hanya saja, mungkin akan terdapat kendala dalam penggunaan istilah-istilahnya. Maka, jika Anda seorang non muslim, Anda bisa meminta petugas untuk menjelaskannya ulang. Mencari padanan kata yang sesuai sehingga Anda bisa memahaminya dengan baik.

Premi Bisa Dicairkan

Keuntungan terakhir yang dapat Anda peroleh sewaktu menggunakan asuransi syariah adalah dana premi yang bisa dicairkan. Dalam artian, dana yang Anda setorkan tidak akan hangus meskipun tidak terjadi klaim ataupun meneruskan pembayaran premi.

Menariknya lagi, meski belum lunas, Anda tetap bisa mendapatkan proteksi untuk sepeda motor Anda. Nantinya, Anda hanya perlu melakukan pelunasan di kemudian hari.

Tidak hanya itu saja, dengan asuransi syariah, nasabah juga memungkinkan melakukan hibah.

Itulah enam keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan memilih asuransi syariah sebagai asuransi motor Anda. Salah satu jenis asuransi syariah yang bisa Anda pilih adalah asuransi Motopro Ikhlas yang ditawarkan oleh Adira Insurance. Memberikan jaminan Total Lost Only atau asuransi TLO, Anda bisa mendapatkan ganti rugi sewaktu motor Anda mengalami kerusakan 75% dalam kecelakaan atau terjadi kehilangan.

Dalam asuransi yang ditawarkan Adira ini, ada dua paket yang bisa Anda pilih. Yakni paket Motopro harga motor kurang dari 500 juta rupiah dan paket Motopro Plus dengan harga motor kurang dari 100 juta rupiah.

Adapun jenis perlindungan yang bisa Anda dapatkan yaitu ketika motor Anda mengalami kecelakaan personal, biaya pengobatan bagi pengemudi, ganti rugi atas bencana alam seperti angin topan, banjir, badai, hujan es, hingga tanah longsor. Tanggung jawab hukum pihak ketiga, hingga bagi hasil untuk produk Motopro syariah. Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan asuransi syariah?