Berita  

Telkomsel Jadi Operator Seluler Terbesar di Indonesia

Telkomsel Jadi Operator Seluler Terbesar di Indonesia

Loka.co.id – Firma riset pasar Counterpoint Research menobatkan Telkomsel sebagai operator dengan pelanggan terbanyak di Indonesia.

Perusahaan ini mengalahkan operator lain seperti Indosat, XL, dan Smartfren.

“Telkomsel adalah mobile network operators (MNO) terbesar dan mencakup 48 persen pangsa pasar pada Q1 2022,” dikutip dari blog Counterpoint Research, Minggu (17/7/2022).

Telkomsel sendiri memiliki 174,5 juta pelanggan di seluruh Indonesia, yang mana 68 persen dari total keseluruhan adalah pengguna data seluler.

Baca Juga:
OpenSignal: Operator Seluler Ini Jadi Terbaik di Indonesia

Selain itu Telkomsel juga memiliki base transceiver station, atau menara BTS, di 247.000 lokasi di seluruh Indonesia, yang mana lebih dari 60 persen adalah BTS 4G.

Telkomsel juga berupaya menarik pelanggan kelas menengah dan muda dengan menghadirkan paket berharga murah.

Operator dengan pelanggan terbanyak. [counterpointresearch]

Akibat itu, nilai pendapatan operator per pelanggan (average revenue per user atau ARPU) menurun 5 persen di Q1 2022 menjadi Rp 41.000 dari tahun lalu (year-on-year atau YoY).

Sementara operator seluler terbesar kedua di Indonesia adalah Indosat Ooredoo Hutchinson (IOH), yang mana ini adalah operator hasil merger antara Indosat dan Tri Indonesia.

Indosat memiliki 94,6 juta pelanggan di Indonesia dengan pangsa pasar 26 persen.

Baca Juga:
Operator Seluler Ini Terbanyak Dipakai Masyarakat Indonesia

Sementara ARPU mereka turun 2,1 persen dari tahun sebelumnya di Q1 2022 dengan harga Rp 32.000 akibat paket data harga murah.



#Telkomsel #Jadi #Operator #Seluler #Terbesar #Indonesia

Sumber : www.suara.com