Berita  

Tambah 3 MRMP, Buwas Inginkan Bulog Bisa Jual Beras Premium Harga Medium

Tambah 3 MRMP, Buwas Inginkan Bulog Bisa Jual Beras Premium Harga Medium

Loka.co.id – Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso berkeinginan menjadikan Bulog sebagai pemain utama dalam pengelolaan beras. Keinginan tersebut mulai diwujudkan dengan membangun Modern Rice Milling Plant (MRMP) atau sentra produksi beras.

Hingga saat ini, telah ada 10 MRMP yang tersebar di sejumlah wilayah untuk memenuhi kebutuhan beras.

“Bulog harapannya bisa jual beras premium harga medium. Kita akan jadi pemain besar dalam pengelolaan beras. Saya membangun 10 MRMP di 10 wilayah,” kata Buwas sapaan akrabnya di MRMP Kendal, Jawa Tengah, Kamis (21/7/2022).

Bahkan kata Buwas, Bulog akan menambah 3 MRMP di 3 wilayah untuk semakin memantapkan kapasitas simpan yang dimiliki Bulog.

Baca Juga:
Buwas Bercita-cita Bulog Jadi King of Rice

“Next akan ada tambahan 3 MRMP di 3 wilayah, sehingga akan ada 13 totalnya. Dengan MRMP kita bisa mempertahankan kualitas,” ucap Buwas.

Dengan adanya MRMP di sejumlah wilayah, pemerintah melalui Bulog telah membantu petani dan meningkatkan taraf hidup dari sektor beras.

“Negara tidak boleh menyusahkan petani, menekan petani, merugikan petani. Kita harus perbaiki kualitas beras, harga beras jadi murah dan pemerintah lewat Bulog bisa menguasai beras untuk meminimalisir kartel beras,” pungkasnya.

Budi Waseso mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur MRMP ini bertujuan untuk membantu petani dan menyederhanakan alur proses pengolahan beras yang terpusat dalam fasilitas pengolahan gabah hasil panen berbasis teknologi modern yang terdiri dari mesin pengering (dryer), unit penggilingan padi (RMU) sebagai mesin konversi gabah menjadi beras dengan dilengkapi teknologi penyortir warna (color sorter).

“Satu unit MRMP BULOG seperti yang di Kendal ini dilengkapi dengan mesin pengering berkapasitas 120ton/hari, RMU berkapasitas 6 ton/jam dan 3 unit SILO berkapasitas simpan 2.000 ton” tambah Budi Waseso.

Baca Juga:
Unik! Bapak-bapak ini Basuh Piring Menggunakan Beras, Tuai Perdebatan: Mencuci atau Mengeringkan?

Progres investasi proyek MRMP di Kendal, Sragen dan Subang telah 100% rampung dan siap digunakan untuk kegiatan operasi infrastruktur pengolahan untuk manufaktur perberasan di Perum BULOG. MRMP Kendal sendiri sudah mulai beroperasi sejak awal Juli 2022 yang lalu.

Dengan penguatan infrastruktur ini BULOG diharapkan menjadi BUMN Pangan yang dapat menjalankan penugasan pemerintah dengan baik dalam melaksanakan produksi, pengadaan, penyimpanan dan pendistribusian pangan pokok yang ditetapkan oleh pemerintah.



#Tambah #MRMP #Buwas #Inginkan #Bulog #Bisa #Jual #Beras #Premium #Harga #Medium

Sumber : www.suara.com