Berita  

Susah Mengatakan Tidak Kepada Orang Lain, Yuk Intip Tipsnya

Susah Mengatakan Tidak Kepada Orang Lain, Yuk Intip Tipsnya

Poptren.suara.com –  Sebagian orang mempunyai perasaan yang tidak enakan terhadap orang lain. Pada umumnya orang yang tidak ingin menyakiti perasan orang lain. 

Bisa saja hal yang dilakukannya tidak begitu disukai. Sebenarnya hal tersebut bisa membuat ia menjadi tidak nyaman. 

Mempunyai kemampuan mengucapkan “tidak” sebagai penolakan atas sesuatu tawaran adalah hal yang penting. Dengan mengatakan “tidak” kepada orang lain, akan membuat diri sendiri menjadi lebih baik dan lebih nyaman. 

Mempunyai kemampuan berkata “tidak” memerlukan pendekatan khusus agar orang yang ditolak tidak marah. Dilansir dari laman Betterup, berikut beberapa tips untuk mengatakan “tidak” pada orang lain. 

Berlatih
Dengan berlatih untuk mengatakan ‘tidak’ akan membuat diri terbiasa mengatakannya ketika hal tersebut kurang diminati. Seringnya mengatakan ‘tidak’ juga akan membantu diri sendiri terbiasa dan mudah mengatakannya di waktu yang lainnya.

Komunikasikan Alasan
Ketika mengatakan ‘tidak’ kepada orang lain, sangat penting menjelaskan alasan mengapa menolah tawarannya.

Dengan begitu, orang tersebut juga akan menghargai keputusan yang telah diambil. Selain itu, menjelaskan alasan juga akan membuat orang tersebut menerima dengan jelas mengapa sosok yang ditawarkan tidak berminat.

Ucapkan Terima Kasih
Meskipun menolak, penting untuk mengucapkan terima kasih karena telah dipercaya dan ditawarkan kepada hal tersebut.

Dengan begitu ia akan merasa dihargai meskipun tawarannya ditolak. Selain itu, dengan mengucapkan terima kasih saat mengatakan ‘tidak’ juga akan menunjukkan kepada orang tersebut bentuk apresiasi yang diberikan.

Ilustrasi laki-laki. (Freepik.com/cookie-studio) [suara.com]

Luangkan Waktu Sebelum Mengatakannya
Penting sebelum mengatakan ‘tidak’ kepada orang lain untuk memikirkan hal tersebut dengan matang. Perlu dipikirkan dampak positif dan negatif jika menerima serta menolak tawaran yang diberikan.

Bersikap Tegas Tetapi Menghormati
Bersikap tegas menolak tawaran juga dapat membantu. Namun, saat mengatakannya juga perlu menunjukkan rasa hormat kepada orang tersebut.

Oleh karena itu, meskipun tidak menerima dengan tegas, dengan menghormatinya akan membuatnya paham kalau menolak tidak bermaksud untuk merendahkannya.

Ilustrasi Laki-laki. (Pixabay.com) [suara.com]

Jangan Bertele-tele
Ketika ingin mengatakan ‘tidak’, usahakan langsung kepada poin yang ingin disampaikan. Penjelasan panjang lebar justru terkadang akan membuat orang yang ditolak berpikiran kalau penjelasan tersebut hanya sebuah alasan.

Untuk itu, penting untuk menyampaikan ‘tidak’ langsung kepada ini dan alasan singkat mengapa tidak bisa menerima tawaran tersebut.

Pelajari Taktik Memengaruhi Orang Lain
Orang ragu untuk mengatakan ‘tidak’ biasanya karena rasa tidak enak kepada sosok yang menawarakan.

Untuk itu, coba pelajari taktik memengaruhi orang lain sehingga ketika mengatakan ‘tidak’ justru tidak akan menjadi masalah. Selain itu, mengatakan ‘tidak’ juga akan membuat diri sendiri menjadi sosok yang tegas.

Minta Saran Orang Lain
Biasanya teman, keluarga, atau kerabat memiliki saran untuk mengatakan ‘tidak’ dengan baik dan sopan. Hal ini dapat membantu diri sendiri mengatakan ‘tidak’ tanpa menyakiti perasaan orang yang menawarkan.

Sumber : Loka.co.id

#Susah #Mengatakan #Tidak #Kepada #Orang #Lain #Yuk #Intip #Tipsnya

Sumber : poptren.suara.com