Berita  

Picu Kontroversi karena Nikahi Dirinya Sendiri, Wanita Ini Klaim Lakukan Sologami Pertama di India

Picu Kontroversi karena Nikahi Dirinya Sendiri, Wanita Ini Klaim Lakukan Sologami Pertama di India

Publik India dibikin heboh dengan kontorversi seorang perempuan bernama Kshama Bindu asal Gujarat melakukan pernikahan. Pasalnya pernikahan yang dilakukannya tidak seperti lazimnya, Khasama justru menikahi dirinya sendiri.

Seperti dilansir India Times, pernikahan sologami tersebut menjadi kali pertama di India. Bahkan acara pernikahan tersebut berlangsung di Rumah Kshama yang berada di Vadodra, maju tiga hari sebelum tanggal aslinya.

Perempuan berusia 24 tahun itu pun mengemukakan, awalnya mengumumkan jika akan menikahi dirinya sendiri dalam sebuah upacara tradisional di sebuah kuil pada 11 Juni 2022 silam. Namun, setelah ceritanya menjadi viral, beberapa orang termasuk seorang pemimpin BJP menentang rencananya untuk menikah di sebuah kuil.

Akibatnya, pendeta yang sebelumnya setuju untuk menjadi penghulu pernikahan itu juga dikabarkan mundur setelah kontroversi tersebut. Kondisi tersebut membuat Kshama tidak memiliki kuil atau pendeta untuk pernikahannya.

Meski mendapat banyak tantangan, dia tetap melanjutkan rencananya hingga akhirnya dengan mendapat restu 10 anggota keluarga dekat dan teman-teman Kshama menikah dengan dirinya sendiri.

Ritual pernikahan tersebut berlangsung 40 menit yang digelar di rumahnya di daerah Gotri, teman-teman Kshama menghujani bunga sambil berjanji untuk mendukungnya sepanjang hidup. Menurut Kshama, pernikahan tersebut harus diadakan sebagai upacara pribadi setelah beberapa tetangga keberatan dengan arus pengunjung yang terus-menerus ke rumahnya. 

“Saya merasa seseorang mungkin mencoba membuat kontroversi pada hari pernikahan dan saya tidak ingin merusak hari istimewa saya. Jadi, saya maju ke hari Rabu,” kata Kshama kepada The Times of India.

“Saya ingin melakukan pernikahan ini di kuil tetapi sayangnya, saya harus mengubah tempat untuk menghindari masalah,” tambahnya.

Sologami di India

Kshama bekerja di sebuah perusahaan swasta di Gujarat, sebelumnya mengatakan tidak pernah ingin menikah, tetapi ingin menjadi pengantin.

“Saya tidak pernah ingin menikah. Tapi aku memang ingin menjadi pengantin. Jadi saya memutuskan untuk menikahi diri saya sendiri,” katanya.

Menurutnya, ini mungkin pernikahan mandiri pertama di India. Dia kemudian melakukan riset online untuk mencari tahu, kemungkinan adanya wanita yang menikahi dirinya sendiri di negara ini, tetapi tidak menemukannya. 

“Mungkin saya orang pertama yang memberi contoh cinta diri di negara kita,” katanya.

Setelah pengumuman sologaminya menjadi viral, Sunita Shukla, mantan Wakil Wali Kota Vadodara, telah menyatakan keberatan dan mengatakan bahwa pernikahan semacam itu bertentangan dengan agama Hindu dan akan mengurangi populasi umat Hindu.

“Saya menentang pilihan tempat tersebut. Dia tidak akan diizinkan untuk menikahi dirinya sendiri di kuil mana pun,” kata pemimpin BJP.

#Picu #Kontroversi #karena #Nikahi #Dirinya #Sendiri #Wanita #Ini #Klaim #Lakukan #Sologami #Pertama #India

Sumber : blitz.suara.com