Berita  

Perlukah Vaksin Covid-19 Dosis Keempat, Ini Kata Pemerintah

Perlukah Vaksin Covid-19 Dosis Keempat, Ini Kata Pemerintah

Selebtek.suara.com – Wacana pemberian vaksin Covid-19 dosis keempat masih dikaji lebih lanjut oleh Kementerian Kesehatan. Pemerintah belum bisa memastikan kapan vaksinasi ini akan dilaksanakan.

Sejauh ini studi menegaskan bahwa Indonesia memerlukan vaksin dosis ketiga atau booster karena proteksi vaksin sudah menurun setelah 6 bulan pasca dosis kedua.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi mengatakan wacana vaksin Covid-19 dosis keempat ini masih dalam proses penelitian. serta menunggu rekomendasi dari ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization) dan juga organisasi profesi medis

“Untuk vaksin kedua booster ke nakes memang sedang dikaji ya, mengenai booster dosis keempat ini, tetapi kita pada prinsipnya menunggu rekomendasi dari ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization) dan juga organisasi profesi medis tentang ini,” kata Nadia dalam diskusi IndoHCF, Kamis (24/2/2022).

Saat ini pemerintah masih fokus menyelesaikan target vaksinasi Covid-19 kepada 70 persen populasi Indonesia untuk dosis satu, dua, dan ketiga.

“Kalau sampai saat ini kita belum ada kebijakan pemberian vaksinasi booster keempat bagi tenaga kesehatan,” tegasnya.

Diketahui, sejauh ini pemerintah telah menyuntikkan 190,228,123 dosis (91.34 persen) vaksin dosis pertama dan 142,270,154 dosis (68.31 persen) vaksin dosis kedua, serta 9,166,818 dosis (4.40 persen) vaksin dosis ketiga kepada masyarakat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Sementara itu, Ahli epidemiologi dari Griffith University Australia, Dicky Budiman menegaskan bahwa wacana vaksinasi Covid-19 dosis keempat seharusnya belum ditampilkan ke publik.

Dicky menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi dosis pertama, kedua, dan ketiga atau booster pun belum mencapai target 70 persen dari total populasi Indonesia, sehingga ini harus jadi prioritas terlebih dahulu.(*)

Sumber: Loka.co.id

#Perlukah #Vaksin #Covid19 #Dosis #Keempat #Ini #Kata #Pemerintah

Sumber : selebtek.suara.com