Berita  

Niat, Tata Cara, Hukum dan Manfaatnya

Niat, Tata Cara, Hukum dan Manfaatnya

Loka.co.id – Sholat dhuha menjadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan oleh setiap umat Islam. Agar amalan ini semakin sempurna umat muslim dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat dhuha. Untuk itu, simak bacaan doa sholat dhuha tulisan latin lengkap berikut ini.

Tidak hanya memahami doa sholat dhuha dengan benar. Umat Islam juga perlu mengetahui bacaan niat sholat dhuha, tata cara, hukum serta manfaatnya. Sholat dhuha sendiri didirikan dalam jumlah dua rakaat dan satu salam.

Selain itu, sholat dhuha juga boleh dilakukan sebanyak empat, enam, atau delapan rakaat. Waktu pelaksanaanya dimulai antara terbitnya matahari hingga menjelang dzuhur. Setelah mendirikan sholat dhuha, umat muslim dianjurkan memanjatkan doa yang betkaitan dengan keinginan dan harapan. 

Doa Sholat Dhuha Tulisan Latin 

Baca Juga:
Bacaan Niat dan Doa Sholat Dhuha Latin Beserta Artinya

Dikutip dari laman NU Online berikut ini bacaan doa sholat dhuha latin lengkap dengan artinya:

Allaahumma innad dhuhaa’a dhuhaa’uka, wal bahaa’a bahaa’uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka. 

Allaahuma in kaana rizqii fis samaa’i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa akhrijhu, wa inkaana mu’siran (mu‘assaran) fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa thahhirhu, wa inkaana ba‘iidan fa qarribhu, bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika. aatinii maa atayta ‘ibaadakas shaalihiin.

Artinya, “Wahai Tuhanku, sungguh dhuha ini adalah dhuha-Mu, keagungan ini adalah keagungan-Mu, keindahan ini adalah keindahan-Mu, kekuatan ini adalah kekuatan-Mu, dan penjagaan ini adalah penjagaan-Mu.”

“Wahai Tuhanku, jika rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah. Jika berada di dalam bumi, maka keluarkanlah. Jika sukar atau dipersulit (kudapat), mudahkanlah. Jika (tercampur tanpa sengaja dengan yang) haram, sucikanlah. Jika jauh, dekatkanlah dengan hak dhuha, keelokan, keindahan, kekuatan, dan kekuasaan-Mu, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada para hamba-Mu yang saleh.” 

Baca Juga:
Kapan Waktu yang Tepat Sholat Dhuha? Ini Penjelasan dan Tata Caranya

Setelah selesai membaca doa di atas, kita dianjurkan untuk membaca doa berikut ini: 



#Niat #Tata #Cara #Hukum #dan #Manfaatnya

Sumber : www.suara.com