Berita  

Mitos dan Fakta Jerawat – Partner Poptren

Mitos dan Fakta Jerawat - Partner Poptren

Poptren.suara.com – Jerawat masih menjadi masalah bagi banyak orang. Kondisi yang satu ini juga tidak hanya dialami oleh anak muda, tetapi orang dewasa. Sayangnya jerawat juga masih sering diselimuti mitos dan fakta.

Munculnya jerawat sendiri akan membuat penampilan menjadi buruk. Beberapa orang juga menjadi tidak percaya diri ketika wajahnya mengalami banyak jerawat.

Dr. Danar Wicaksono, SpDV, seorang dermathologist, mengatakan, terdapat berbagai hal yang dapat menyebabkan jerawat pada seseorang. Hal ini karena jerawat juga tergantung pada jenis kulit orang itu sendiri.

“Jerawat sendiri penyebabnya banyak, hal ini tergantung orang dan jenis kulitnya sendiri, ada yang pengaruh genetik dari orang tua, stres juga bisa menyebabkan jerawat, dan lain-lain,” ucap Dokter Danar dalam acara Skincare Masterclass Vol.02 #DRAWAT (Drama Jerawat), Kamis (21/7/2022).

Berikut beberapa hal yang menyebabkan timbulnya jerawat pada seseorang menurut Dokter Danar, diantaranya :

– Genetik
– Hormon Androgen (Baik dari dalam maupun luar)
– Penyakit lain yang mendasari (misalnya Sindrom polikistik ovarium atau PCOS)
– Pengaruh obat-obatan (misalnya steroid, hormon, anticonvulsant, dan lain-lain)
– Kosmetik
– Diet yang dijalani
– Stres dan kurang tidur

Selain itu,banyak juga mengenai mitos tentang jerawat yang beredar di masyarakat. Berikut merupakan kebenaran mengenai beberapa mitos tersebut berdasarkan penjelasan Dokter Danar.

MITOS : Jerawat muncul karena jatuh cinta 

FAKTA : jatuh cinta tidak bisa menjadi bukti valid mengapa seseorang mengalami jerawat.

MITOS : Jerawat hanya ada pada usia remaja

FAKTA : Hal ini juga terjadi ke  beberapa orang yang sudah dewasa, bahkan yang sudah berusia 40-50 tahun.

MITOS : Memencet jerawat mempercepat proses penyembuhan

FAKTA : Saat mengalami jerawat, justru memencetnya akan membuat peradangan semakin parah.

FAKTA : Cokelat dan makanan berminyak memperparah jerawat

Kandungan yang terdapat dalam cokelat dan minyak dapat memperparah kondisi jerawat seseorang. Untuk itu, ketika memiliki jerawat, seseorang harus mengurangi konsumsi cokelat dan makanan berminyak.

FAKTA : Malas mencuci muka menjadi penyebab jerawat 

Mencuci muka pada dasarnya dapat membantu membersihkan debu yang mengendap pada pori-pori. Hal tersebut dapat mengindari tubuh dari jerawat.

MITOS : Seseorang dengan kulit kering tidak mungkin berjerawat 

FAKTA : Pada dasarnya orang yang memiliki kulit kering juga berpotensi mengalami jerawat. Hal ini karena jerawat disebabkan oleh berbagai hal.

Menurut Dokter Danar, penting untuk merawat kulit wajah agar tidak mengalami berjerawat. Usahakan juga untuk menggunakan produk kecantikan dengan bahan-bahan yang aman. Menurutnya, bisa saja kandungan yang terdapat dalam produk kecantikan tersebut menjadi penyebab jerawat. Untuk itu, pastikan kandungan yang terdapat di dalamnya.

Sumber : suara.com

#Mitos #dan #Fakta #Jerawat #Partner #Poptren

Sumber : poptren.suara.com