Berita  

Menabung untuk Dana Pendidikan Anak, Ini 4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Orangtua

Menabung untuk Dana Pendidikan Anak, Ini 4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Orangtua

Loka.co.id – Dana pendidikan termasuk biaya yang perlu disiapkan oleh orangtua untuk anak. Lantaran jumlahnya cukup besar, sejumlah orangtua mungkin telah menyiapkan dana tersebut beberapa tahun sebelum anak masuk sekolah.

Tapi perhatikan dulu beberapa hal agar agar dana pendidikan yang direncanakan sesuai dengan target sekolah anak juga tidak menganggu pos keuangan yang lain.

Aplikasi menabung online Bibit bagikan empat hal yang harus dirancang terlebih dahulu agar dana pendidikan anak aman. Apa saja?

1. Pastikan Fondasi Keuangan Keluarga Sudah Kokoh

Baca Juga:
Orangtua, Ini Hal yang Harus Disiapkan dalam Mencanakan Pendidikan Anak Sejak Dini

Pada piramida keuangan, ada dana darurat dan asuransi sebagai fondasi dalam pengelolaan keuangan keluarga. Jadi sebelum menyiapkan dana pendidikan untuk anak, ada baiknya pastikan dulu kalau dana darurat juga asuransi, seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, sudah disiapkan untuk melindungi keuangan keluarga.

Ilustrasi Menabung (Pixabay.com/Stux)

Jumlah dana darurat bagi pasangan yang sudah memiliki anak, disarankan bisa perlu menyiapkan sebanyak 12 kali pengeluaran bulanan.

2. Buat Target Sekolah untuk Berbagai Jenjang

Penting bagi pasangan berdiskusi dan melakukan riset sekolah mana yang akan jadi pilihan untuk anak, mulai dari TK, SD, SMP, SMA, atau bahkan perguruan tinggi. Dengan mengetahui hal itu, orangtua bisa pasang target berapa dana yang ingin dikumpulkan dan menyesuaikan dengan dana yang sudah dikumpulkan.

Orangtua bisa mengumpulkan dana pendidikan sejak dini secara sekaligus untuk berbagai jenjang sehingga jumlah “cicilan” nabung uang sekolah anak bisa jadi lebih ringan.

Baca Juga:
LPDP Buka Pendaftaran Beasiswa Tahap Dua 4 Juli 2022 hingga 5 Agustus 2022

Coba lakukan riset secara berkala tentang biaya uang pangkal dan SPP dari sekolah yang menjadi incaran. Misalnya, cek harganya setiap tahun untuk tahu berapa kisaran kenaikan harga dana pendidikan dari sekolah tersebut.



#Menabung #untuk #Dana #Pendidikan #Anak #Ini #Hal #Penting #yang #Harus #Diperhatikan #Orangtua

Sumber : www.suara.com