Berita  

Memahami 4 Fungsi Kopling secara Umum dan Jenis-Jenisnya

Memahami 4 Fungsi Kopling secara Umum dan Jenis-Jenisnya

Loka.co.id – Opsi mobil manual dan mobil matic tentu akan bergantung pada selera masing-masing. Keberadaan kopling jadi pembeda utama antara kedua jenis mobil ini. Jelas, fungsi kopling yang krusial kemudian dijalankan secara otomatis di mobil jenis matic.

Tapi sebenarnya apa sih fungsi kopling ini?

Nah agar mengetahui apa saja fungsi kopling secara umum, Anda bisa simak di artikel singkat kali ini. Selain itu, akan dicantumkan juga beberapa jenis kopling yang digunakan pada mobil yang beredar di pasar nasional. Simak penjelasannya di poin berikut ini.

Fungsi Kopling Mobil secara Umum

Baca Juga:
Stasiun Pengisian Daya Mobil Listrik Jadi Incaran Peretas, Bisa Diprogram Tampilkan Kalimat Tertentu

Secara umum, setidaknya ada 4 fungsi mobil yang bisa dipahami.

  • Pertama, membantu menciptakan pergerakan halus saat melakukan perpindahan gigi ketika mobil dikendarai.
  • Kedua, menciptakan pergerakan mobil yang lebih halus dengan cara mengangkat engine.
  • Ketiga, menghentikan mobil tanpa perlu mematikan mesin, hal ini secara khusus berguna saat berada di kondisi jalan yang macet.
  • Keempat, membantu performa rem agar lebih baik saat ingin menghentikan mobil secara mendadak.

Cukup krusial bukan fungsi kopling mobil ini? Maka dari itu, bagian kopling, dan semua komponennya, harus senantiasa dijaga dalam kondisi baik sehingga mobil dapat dioperasikan dan dikendarai dengan baik pula.

Kenali Beberapa Komponen Kopling

Dalam merawat beberapa komponen kopling sebenarnya sangat direkomendasikan untuk melakukan servis berkala. Dengan demikian, pemeriksaan kondisi setiap komponen bisa dilakukan dengan detail, dan mudah mendeteksi adanya kerusakan.

Beberapa bagian kopling antara lain adalah release bearing, clutch cover, flywheel, pressure plate, pegas kopling, dan release lever. Masing-masing memiliki fungsinya, dan harus senantiasa dijaga kondisinya dalam titik terbaik.

Baca Juga:
Duh, Orang Ini Nekat Curi Mobil Polisi, Tertangkap karena Hal yang Bikin Tepuk Jidat

Jenis-Jenis Kopling

Kopling ternyata tak hanya ditemukan pada kendaraan seperti mobil atau motor saja, namun pada peralatan lain seperti sistem AC atau kompresor. Berdasarkan cara kerjanya, kopling dibagi ke dalam tiga jenis berbeda.

  • Kopling magnetik, merupakan jenis kopling yang bekerja dengan bantuan magnet. Medan magnet yang ada digunakan untuk menghubungkan sekaligus memutus aliran daya antara dua komponen mesin.
  • Kopling gesek, juga disebut friction clutch, bekerja dengan memanfaatkan gaya gesek antara dua komponen yang bersinggungan. Gesekan ini akan membantu perpindahan energi yang diperlukan. Kopling jenis ini ditemukan pada sepeda motor.
  • Kopling fluida, merupakan jenis kopling yang menggunakan bantuan cairan untuk melakukan kerjanya. Aliran cairan yang mendapat tekanan akan menghasilkan rotasi pada mesin mobil, kemudian dapat menggerakkan komponen kopling lainnya.

Itu tadi beberapa fungsi kopling dan penjelasan lain terkait komponen penting dalam kendaraan ini. Semoga berguna, dan selamat melanjutkan aktivitas Anda!

Kontributor : I Made Rendika Ardian



#Memahami #Fungsi #Kopling #secara #Umum #dan #JenisJenisnya

Sumber : www.suara.com