Berita  

Kominfo Gelar Pelatihan Data Science untuk Anak SD

Kominfo Gelar Pelatihan Data Science untuk Anak SD

Loka.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengenalkan ilmu tentang data sebagai bagian dari teknologi digital kepada talenta muda yaitu murid-murid Sekolah Dasar (SD) dalam acara bertajuk Data Science for Kids bertepatan dengan perayaan Hari Anak Nasional (HAN) 2022.

Data Science for Kids yang digelar di ICE BSD Tangerang Selatan pada Sabtu (23/7/2022) ini merupakan bagian dari program penciptaan talenta digital yang digagas Kementerian Kominfo yaitu Digital Talent Scholarship (DTS). Tujuannya memberikan pemahaman sejak dini terkait pentingnya ilmu data dan membahas potensi karier masa depan sebagai data scientist.

“Ilmu mengenai teknologi digital tidak memandang usia, semakin kita memberikan pelatihan talenta kepada anak-anak, maka kemampuan menguasai teknologi digitalnya itu akan semakin bagus,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Kominfo Hary Budiarto ketika membuka acara tersebut.

“Jadi anak-anak ini yang sudah memahami era digital semakin potensial lagi. Kementerian Kominfo mendorong hal ini dalam rangka mencetak talenta digital nasional,” tambah Hary.

Baca Juga:
Kominfo: Generasi Muda Belum Sadar Pentingnya Ilmu Data

Sebanyak 120 murid SD dari tingkat kelas 4 hingga kelas 6 dari sembilan sekolah yang tersebar di Jabodetabek mengikuti tahapan pengenalan perdana untuk Data Science for Kids.

Lebih lanjut Hary mengatakan ini merupakan pertama kalinya Kementerian Kominfo menyasar talenta digital dari generasi alfa untuk menjadi bagian dari Digital Talent Scholarship (DTS) karena sebelumnya DTS baru menyasar mahasiswa perguruan tinggi atau masyarakat berusia produktif yang didominasi generasi Z serta milenial.

Generasi alfa yang merupakan anak-anak dengan tahun kelahiran mulai dari 2010 itu memang dikenal memiliki kecakapan digital lebih baik dari generasi-generasi sebelumnya.

Dengan potensi tersebut Kementerian Kominfo tidak ingin kehilangan momentum emas untuk memberikan edukasi tepat mengenai teknologi digital serta pengembangannya kepada para talenta muda digital Indonesia itu.

Adapun pelatihan “Data Science for Kids” itu nantinya akan berisikan materi pengenalan terhadap ilmu data, pemanfaatan data di era digital, pekerjaan menjadi data scientist, hingga pengaplikasian coding sederhana untuk merangkai data menjadi konten menarik.

Baca Juga:
Laman Daftar PSE Lingkup Privat Kominfo Gagal Berfungsi Normal

Khusus di 2022, Kementerian Kominfo menargetkan setidaknya akan ada 1000 talenta digital muda dari generasi alfa yang bisa mendapatkan pelatihan dan edukasi dari program DTS.



#Kominfo #Gelar #Pelatihan #Data #Science #untuk #Anak

Sumber : www.suara.com