Berita  

Jenis Makanan yang Mengandung Kadar MSG Tinggi

Jenis Makanan yang Mengandung Kadar MSG Tinggi

Poptren.suara.com Monosodium Glutamat atau akrab disebut MSG merupakan salah satu jenis aditif makanan yang berfungsi dalam penambah cita rasa. MSG pertama kali diperkenalkan oleh seorang peneliti dari Jepang pada tahun 1908 dan kini telah banyak digunakan hampir pada setiap masakan.

Mengutip Yoursay.id, MSG berasal dari asam amino non esensial L-glutamat yang diperoleh dari hasil fermentasi tebu, bit gula, atau tetes tebu. Pada dasarnya beberapa jenis bahan makanan seperti tomat dan keju telah mengandung MSG alami, namun jumlah yang terkandung dirasa belum terlalu cukup untuk meningkatkan cita rasa makanan.

Penggunaan MSG dalam makanan dinilai aman oleh Food and Drug Administration pada tingkatan konsumsi yang “sesuai”. Menurut Experimental and Clinical Science, jumlah asupan yang disarankan adalah 1,2 – 1,7 gr perhari.

Melansir dari laman Healthline.com, berikut ini beberapa jenis makanan dengan kadar MSG yang tinggi, seperti :

1. Fast Food

Beragam jenis fast food dikategorikan sebagai makanan yang mengandung tinggi kadar MSG, contohnya seperti nasi goreng, bakso, fried chicken, ataupun hamburger. Tingginya kadar MSG pada fast food disinyalir untuk menutupi kurangnya rempah alami yang terdapat pada makanan tersebut. Selain itu digunakan pula untuk memikat pelanggan dengan cita rasa yang dihasilkan dari MSG.

2. Makanan Ringan Kemasan

Berbagai jenis makanan ringan kemasan seperti keripik ataupun kerupuk juga dinilai mengandung kadar MSG tinggi. Penggunaan MSG dalam makanan kemasan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa gurih yang akan membuat peminatnya ketagihan untuk terus mengonsumsinya. Oleh karena itu biasakan membaca label komposisi makanan untuk melihat seberapa banyaknya kandungan MSG pada makanan ringan tersebut.

3. Frozen Food

Frozen food juga menjadi salah satu makanan yang mengandung kadar MSG tinggi. Contohnya fast food. Seperti nugget, bakso, sosis, dan siomay biasanya memiliki kandungan daging yang relatif lebih rendah, sehingga akan mengurangi rasa. Oleh karena itu digunakanlah MSG untuk memperkuat rasa.

4. Mie Instan

Salah satu jenis makanan kesukaan semua orang ini ternyata juga mengandung kadar MSG yang tinggi, terlebih pada bumbunya. Semakin konsumsi mie instan, maka semakin banyak pula MSG yang dikonsumsi

Apakah MSG Berbahaya ?

Pada dasarnya MSG juga mengandung kadar natrium seperti garam dapur. Bedanya kadar natrium pada MSG dinilai lebih rendah dibanding garam dapur. Namun, berbagai jenis makanan diatas mengandung kedua jenis sumber natrium ini.

Mengonsumsi MSG lebih dari 3 gr per hari dapat memicu risiko kesehatan. Penelitian dari International Journal of Food Properties menyatakan bahwa dengan mengonsumsi MSG pada dosis tinggi secara terus menerus dapat meningkatkan risiko sindrom metabolik dan kenaikan berat badan.

Penelitian lain dari Indian Journal of Critical Care Medicine menyatakan, bagi individu tertentu yang memiliki kepekaan terhadap MSG kemungkinan akan mengalami efek samping seperti gatal-gatal, radang tenggorokan, sakit kepala, dan kelelahan setelah mengonsumsi MSG pada tingkatan tertentu sesuai toleransi individu tersebut.

Semoga bermanfaat.

#Jenis #Makanan #yang #Mengandung #Kadar #MSG #Tinggi

Sumber : poptren.suara.com