Berita  

Jangan Diabaikan, Ini 6 Tanda Infeksi Telinga pada Anak dan Orang Dewasa

Jangan Diabaikan, Ini 6 Tanda Infeksi Telinga pada Anak dan Orang Dewasa

Loka.co.id – Infeksi telinga biasanya menyerang anak-anak, tetapi 20 persen kasus infeksi telinga menyerang orang dewasa.

Hal itu wajar terjadi, mengingat orang dewasa bisa terkena bakteri dan virus penyebab infeksi telinga seperti anak-anak.

Selain itu, orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemak dan radang telinga lebih berisiko mengalami infeksi telinga. Kondisi ini harus segera diobati karena menyebabkan ketidaknyamanan.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa tanda Anda sedang mengalami infeksi telinga.

Baca Juga:
Apa Itu Empty Sella Syndrome yang Sebabkan Ruben Onsu Dilarikan ke ICU

1. Telinga gatal

Gejala awal infeksi telinga berupa gatal-gatal ringan di bagian dalam telinga yang biasanya semakin parah bila tidak diobati.

ilustrasi telinga (shutterstock)

2. Kemerahan di bagian dalam dan luar telinga

Orang dengan infeksi telinga bisa mengalami kemerahan ringan di saluran telinga bagian dalam. Bila berlanjut, kemerahan bisa terjadi di bagian dalam telinga dan luar telinga.

3. Rasa sakit atau ketidaknyamanan

Baca Juga:
Serba-serbi Empty Sella Syndrome, Penyakit Langka yang Dialami Ruben Onsu: Gejala, Perawatan hingga Peluang Sembuh

Anda mungkin juga akan merasakan sakit atau tidak nyaman di telinga, terutama setelah menarik daun telinga. Setelah beberapa saat, Anda mungkin mulai merasa telinga Anda penuh dengan sesuatu. Dalam kasus yang lebih parah, rasa sakit berpindah ke wajah, leher, atau sisi kepala Anda.

4. Keluarnya cairan berbau dari telinga

Cairan tidak berbau yang keluar dari telinga mungkin gejala awal dari infeksi telinga. Bila tidak diobati, cairan yang keluar dari telinga akan berbau dan berlebihan.

5. Dering teredam

Gejala ini mungkin tidak ada pada kasus infeksi telinga ringan. Namun, infeksi telinga parah bisa mempengaruhi pendengaran. Anda mungkin merasa tidak bisa mendengar sesuatu sebaik sebelumnya atau Anda bisa merasakan dering tanpa henti jauh di dalam telinga Anda.

6. Pembengkakan kelenjar getah bening

Jika infeksi tidak diobati, itu dapat menyebabkan kelenjar getah bening Anda membengkak. Kondisi ini bisa menyebabkan Anda demam karena seluruh saluran telinga mungkin tersumbat sepenuhnya.



#Jangan #Diabaikan #Ini #Tanda #Infeksi #Telinga #pada #Anak #dan #Orang #Dewasa

Sumber : www.suara.com