Berita  

Integrasi Nasional: Pengertian, Syarat, Fungsi, Contoh

Integrasi Nasional: Pengertian, Syarat, Fungsi, Contoh

Loka.co.id – Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak keberagaman. Itulah mengapa, keberadaan integrasi nasional sangat dibutuhkan guna menyatukan berbagai perbedaan.

Diketahui, integrasi nasional ini konsep penting suatu negara yang perlu dipahami seluruh warganya. Nah untuk selengkapnya, perhatikan berikut ini pengertian integrasi nasional lengkap dengan syarat, fungsi, dan contohnya yang dihimpun dari sejumlah sumber.

Pengertian Integrasi Nasional

Menurut KBBI (Kamus Besar Bangsa Indonesia), integrasi mempunyai arti pembauran hingga menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh. Sementara arti dari  “nasional” yaitu bangsa.

Baca Juga:
Letak Astronomis Indonesia yang Sebabkan 2 Musim dan Perbedaan Zona Waktu

Jadi jika ditarik kesimpulan integrasi nasional yaitu proses persatuan wilayah di suatu negara yang mana di dalamnya memiliki berbagai perbedaan. Adapun perbedaan berupa bahasa, budaya, suku, agama, ras, serta faktor kebangsaan lain.

Sedangkan dari segi antropologis, pengertian integrasi nasional yaitu proses penyesuaian diri dalam berbagai faktor budaya guna mencapai keharmonisan fungsi-fungsi yang terdapat dalam kehidupan masyarakat.

Integrasi nasional ini bisa dikatakan menggambarkan susunan proses persatuan kumpulan individu dari banyak wilayah berbeda yang memiliki perbedaan.

Syarat Integrasi Nasional

Perlu diketahui juga bahwa berhasil atau tidaknya integrasi nasional ini ditentukan oleh beberapa syarat seperti berikut ini;

Baca Juga:
Mengenal Jenis-jenis Lembaga Negara di Indonesia dan Fungsinya

• Kebutuhan setiap anggota masyarakat yang terpenuhinya oleh anggota masyarakat lain.

• Tercipta kesepakatan bersama tentang berbagai macam norma di masyarakat serta nilai-nilai sosial dan dijadikan pedoman.

• Menjadikan nilai serta norma sosial sebagai aturan baku dalam proses integrasi sosial.

Fungsi  Integrasi Nasional

Ada beberapa fungsi integrasi nasional yang perlu diketahui. Adapun beberapa fungsi tersebur yakni sebagai berikut:

• Menumbuhkan kesetiaan nasional

• Melahirkan kesetiaan baru untuk identitas nasional

• Menumbuh-kembangkan rasa nasionalisme

• Menumbuh-kembangkan rasa cinta terhadap tanah air

• Menumbuh-kembangkan semangat persatuan serta kesatuan

• Menumbuh-kembangkan rasa tenggang rasa,  gotong royong, toleransi, dan solidaritas

• Menghargai perbedaan

Contoh Integrasi Nasional

Jika masih sedikit bingung untuk memahami integrasi nasional, berikut ini terdapat beberapa contoh yang menggambarkan integrasi nasional di Indonesia. Adapun contohnya sebagai berikut:

• Sikap toleransi dan saling menghormati antar umat yang berbeda agama, meskipun berbeda agama namun tetap bersikap baik terhadap teman, tetangga maupun saudara

• Sikap menghargai serta ikut merasa mempunyai kebudayan daerah lain dengan cara mempelajari budayanya dan mengenalkan budaya tersebut ke dunia

Demikian informasi mengenai pengertian integrasi nasional lengkap dengan syarat, fungsi, dan contohnya. Semoga informasi ini membantu menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Kontributor : Ulil Azmi



#Integrasi #Nasional #Pengertian #Syarat #Fungsi #Contoh

Sumber : www.suara.com