Berita  

DPMPTSP Metro Berkomitmen Bantu Perizinan Pelaku UMKM

DPMPTSP Metro Berkomitmen Bantu Perizinan Pelaku UMKM

Metro, Loka.co.id- Pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) kini tidak perlu lagi repot-repot mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), hingga Surat Keterangan Usaha (SKU) untuk memulai usaha. Kini, cukup dengan memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB), UMK dapat menjalankan bisnisnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Metro Denny Sanjaya menjelaskan bahwa sejak Undang-undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) disahkan, tidak ada lagi penerbitan SIUP, TDP, atau SKU.

“NIB (Nomor Induk Berusaha)  adalah dokumen yang berfungsi sebagai pengganti TDP (Tanda Daftar Perusahaan), API (Angka Pengenal Impor) dan hak Akses Kepabeanan. Nomor Induk Berusaha wajib dimiliki oleh seluruh pelaku usaha (berbentuk badan dan perorangan), baik pelaku usaha baru maupun pelaku usaha yang menjalankan usahanya sebelum NIB diberlakukan,”jelasnya.

Menurutnya  meski pelaku usaha tidak akan mendapatkan sanksi karena tidak memiliki NIB namun, pelaku usaha yang tidak memiliki dokumen tersebut tidak akan mendapatkan kemudahan yang dimiliki pelaku usaha yang memiliki Nomor Induk Berusaha.

Deny menjelaskan  NIB ibaratnya nomor identitas pelaku usaha. Ia mengungkapkan nomor identitas tersebut terdiri dari tiga belas digit angka yang di dalamnya terdapat pengaman dan tanda tangan elektronik. Pelaku usaha mengurus NIB sesuai bidang usaha yang diatur dalam Klasifikasi Buku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 2020.

Ia menegaskan pentingnya memiliki NIB. Ia menuturkan selain legalitas, adanya nomor induk tersebut membuat usaha yang dijalankan juga berpeluang semakin berkembang pesat.
 
 “Dengan mengurus NIB, usaha  menjadi terjamin legalitasnya. Selain itu, pengurusan NIB juga menambah peluang usaha di antaranya fasilitas pembiayaan dari perbankan, peluang mendapatkan pelatihan, juga kesempatan mengikuti pengadaan barang atau jasa pemerintah,” ungkapnya.

Ia juga mengakui bahwa saat ini masih banyak pelaku usaha khususnya UMKM di Kota Metro yang masih belum memiliki NIB. Karenanya DPMPTSP Kota Metro berkomitmen memberikan pendampingan pada para pelaku UMKM yang ada di Kota Metro untuk mendapatkan NIB.

“Sejak minggu lalu (15/7/2022) sudah kami mulai di RIS Metro, dan hari (22/7/2022) ini juga kembali akan dilakukan dan rencananya akami akan kelilingke 22 kelurahan untuk memberikan pendampingan pelayanan pembuatan NIB bagi para pelaku usaha khususnya UMKM,”pungkasnya.

#DPMPTSP #Metro #Berkomitmen #Bantu #Perizinan #Pelaku #UMKM

Sumber : metro.suara.com