Berita  

Ampas Kopi Dengan Beragam Manfaat

Ampas Kopi Dengan Beragam Manfaat

Poptren.suara.com – Mungkin menyisakan ampas kopi dalam secangkir kopi di pagi hari dan kemudian membuangnya adalah hal biasa. Namun mulai sekarang, jangan buang dulu ampas kopi anda. Terdapat beberapa manfaat ampas kopi yang bagus untuk kulit berkat kandungan alaminya.  Dirangkum dari laman Very Well Health, berikut adalah beberapa manfaatdari ampas kopi. Simak bestie !

Bubuk dan Ampas Kopi Mengandung Antioksidan

Antioksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Kopi mengandung antioksidan dan mampu membantu melawan penuaan kulit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi memiliki efek sebagai anti-penuaan asam hialuronat. Kopi juga dapat membantu menjaga kulit terhidrasi dan membuat kulit terlihat dan terasa lebih kencang.

Perlindungan Terhadap Sinar UV

Beberapa penelitian menunjukkan ekstrak bubuk kopi membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV-B. ketika digunakan sebagai bahan perawatan kulit, ekstrak kopi dapat membantu melindungi kulit dari pembentukan kerutan dan kerusakan akibat sinar matahari.

Bubuk dan ampas kopi bukan pengganti tabir surya. Anda tetap perlu menggunakan tabir surya untuk melindungi diri dari sengatan matahari dan efek penuaan akibat sinar matahari. 

Perawatan Kulit Rumahan

Untuk perawatan kulit rumahan yang cepat dan menyenangkan, jangan buang ampas kopi tersebut. Bisa mengaluskan dan melembutkan kulit. Apapun jenis kulit anda, jangan menggosok terlalu keras dan berlebihan, agar tidak membuat kulit anda iritasi, kemerahan, perih, dan menjadi sensitif.

1. Masker Wajah Eksfoliasi

Campurkan 1/4 sendok teh ampas kopi bekas (ditumbuk halus) dengan 1 sendok makan yogurt. Rasa yogurt plain atau vanilla sangat cocok dengan aroma kopi alami.

Pijat lembut di wajah dan leher dan diamkan selama lima menit. Bilas dengan air hangat untuk hasil kulit yang cerah dan lembut. Gunakan tidak lebih dari sekali atau dua kali seminggu.

2. Scrub Kaki 

Kaki membutuhkan penggosokan yang lebih agresif daripada area tubuh lainnya. Coba campurkan 1/4 cangkir ampas kopi bekas, garam laut, dan minyak zaitun. Gunakan campuran ini sebagai scrub untuk memberikan perawatan yang bagus pada kaki.

3. Penghalus Bibir

Bibir kering? Campur sedikit ampas kopi bekas dengan minyak kelapa. Pijat campuran ringan di atas bibir dan bersihkan dengan waslap basah.

4. Mengurangi Mata Bengkak

Satu sendok teh ampas kopi dalam kain tipis yang dibasahi dan diletakkan di atas mata selama 20 menit atau lebih akan membantu mengurangi bengkak sekitar mata. Terapkan sebelum tidur untuk hasil mata lebih segar dan lembap.

Kopi memang memiliki beberapa manfaat untuk kulit. Namun masih terdapat bahan alami lainnya selain ampas kopi. Konsultasi kepada dokter masing-masing untuk mendapat perawatan kulit dengan bahan alami yang aman.

Sumber : suara.com

Gimana bestie ? Banyak juga ya manfaat dari ampas kopi.

#Ampas #Kopi #Dengan #Beragam #Manfaat

Sumber : poptren.suara.com