Berita  

4 Alternatif Lebih Sehat Pengganti Kopi untuk Memulai Hari

4 Alternatif Lebih Sehat Pengganti Kopi untuk Memulai Hari

Loka.co.id – Kopi mengandung kafein yang memiliki sifat stimulan. Bagi banyak orang, kandungan kafein tersebut dapat memberikan efek lebih segar, lebih awas dan lebih fokus.

Hanya saja bagi sebagain orang lainnya, efek kafein dari kopi bisa memberikan sensasi jantung berdebar, pusing, mual hingga muntah.

Untuk itu, diperlukan alternatif lain yang lebih ‘ramah’ daripada kopi untuk memulai hari. Dikutip dari laman Hello Sehat, berikut empat alternatif lebih sehat pengganti kopi untuk memulai hari!

Teh hijau

Baca Juga:
3 Minuman dan Makanan untuk Darah Rendah, Salah Satunya Teman Nongkrong Anak Senja

Teh Hijau (freepik)

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang mengandung kafein. Meski demikian, kadar kafeinnya tidak sebanyak kopi. Tidak hanya kafein, teh hijau juga terkenal dengan berbagai manfaatnya bagi kesehatan.

Salah satunya adalah kandungan katekin di dalam teh hijau yang bekerja sebagai antioksidan serta berfungsi untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Infused water

Ilustrasi Infused water (Pexels.com/ Karolina Grabowska)
Ilustrasi Infused water (Pexels.com/ Karolina Grabowska)

Jika Anda belum pernah mencoba infused water, maka ini salah satu kesempatan Anda untuk memasukkan minuman yang sedang naik daun ini ke dalam menu sarapan pagi Anda.

Anda dapat mencampur lemon, daun mint, dan mentimun ke dalam sebotol air untuk kemudian diminum saat bangun tidur.

Baca Juga:
Waspada! 5 Jenis Minuman Ini Berisiko Lebih Tinggi Memicu Serangan Jantung

Rasanya yang segar dan sedikit asam bisa membangunkan Anda sama baiknya dengan kopi. Jika Anda menginginkan jenis minuman hangat, Anda dapat mencampur perasan lemon dengan segelas air hangat.

Apel

Ilustrasi buah apel (pexels)
Ilustrasi buah apel (pexels)

Anda mungkin pernah mendengar bahwa sebuah apel dapat menggantikan kopi Anda di pagi hari. Ini tidak berhubungan dengan kadar kafein, karena apel sendiri tidak mengandung kafein.

Tetapi kadar gula dalam apel inilah yang menimbulkan teori bahwa apel dapat menggantikan kopi. Salah satu penyebab kopi dapat membantu Anda berfungsi secara maksimal di pagi hari adalah kadar gulanya.

Tidak hanya kafein yang menstimulasi kerja sistem saraf, gula yang biasa Anda tambahkan ke dalam kopi berperan dalam meningkatkan kadar gula darah sehingga membuat Anda merasa segar dan fokus.

Jahe

Ilustrasi jahe.[pixabay.com]
Ilustrasi jahe.[pixabay.com]

Secangkir jahe hangat di pagi hari dapat memberikan efek yang sama dengan secangkir kopi, ditambah manfaatnya bagi kesehatan pencernaan.

Meredakan sakit perut, mengurangi kembung, mencegah masuk angin, hingga memperbaiki mood Anda merupakan sebagian manfaat jahe. Aromanya yang khas dan cenderung kuat juga bisa membangunkan Anda sebaik kopi.

Jika Anda belum terbiasa mengonsumsi jahe, Anda bisa mencoba teh jahe yang sekarang sudah banyak dijual di pasaran.



#Alternatif #Lebih #Sehat #Pengganti #Kopi #untuk #Memulai #Hari

Sumber : www.suara.com