Berita  

Urutan Pangkat TNI AD Lengkap, dari Tamtama Hingga Kehormatan

Urutan Pangkat TNI AD Lengkap, dari Tamtama Hingga Kehormatan

Loka.co.id – TNI Angkatan Darat (AD) merupakan perangkat pertahanan negara untuk mengamankan wilayah perbatasan darat Indonesia. Tentara ini juga bertugas mengembangkan kekuatan darat melalui fisik, taktik dan armada yang ideal yang masing-masing kewenangannya berdasarkan daftar urutan pangkat TNI AD berikut.

TNI AD memiliki susunan jabatan dan kepangkatan yang diatur dalam dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2019 Tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia. Berdasarkan Perpres ini setidaknya ada 371 struktur jabatan dan kepangkatan yang ada di TNI, yang tersebar di Mabes TNI, TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

Dilansir dari laman TNI AD, berikut rincian urutan pangkat TNI AD:

1. Pangkat Kehormatan

Baca Juga:
Fahri Fadilah Gagal Jadi Bintara Polri Akibat Buta Warna Parsial, Anggota DPR Bongkar Hasil Pemeriksaan Mata

Pangkat kehormatan di kalangan AD dikenal dengan sebutan Jenderal Besar. Pangkat tersebut mempunyai lambang bintang lima emas. Hanya ada tiga orang yang mendapatkan pangkat kehormatan yakni Jenderal Besar Soedirman, Jenderal Besar Abdul Haris Nasution, dan Jenderal Besar Soeharto.

2. Perwira Tinggi

Kepangkatan yang ada di AD ada empat yakni Jenderal, Letnan Jenderal, Mayor Jenderal, dan Brigadir Jenderal. Jenderal ditandai dengan lambang empat bintang emas yang merupakan pangkat tertinggi. Letnan Jenderal ditandai dengan lambang tiga bintang emas, yang berarti pangkat ini berada di bawah Jenderal.

Mayor Jenderal memiliki lambang dua bintang emas. Ini berarti posisinya di bawah Letnan Jenderal. Pangkat terakhir di perwira tinggi adalah Brigadir Jenderal dengan lambang satu bintang emas. Pakaian Dinas Lapangan perwira tinggi lambang yang diberikan adalah bintang dengan warna hitam.

3. Perwira Menengah

Baca Juga:
Viral Calon Bintara Polri Gagal Pendidikan akibat Buta Warna Parsial, Kenali 6 Jenisnya!

Struktur kepangkatan di perwira menengah AD adalah Kolonel, Letnan Kolonel, dan Mayor. Kolonel yang merupakan pangkat tertinggi di perwira menengah ditandai dengan lambang tiga bunga melati emas. Pangkat berikutnya adalah Letnan Kolonel yang ditandai dengan lambang dua bunga melati emas.



#Urutan #Pangkat #TNI #Lengkap #dari #Tamtama #Hingga #Kehormatan

Sumber : www.suara.com