Berita  

Terlihat Menggiurkan, Berapa Penghasilan Seorang Youtuber?

Terlihat Menggiurkan, Berapa Penghasilan Seorang Youtuber?

Loka.co.id – Informasi penghasilan Youtuber kerap dicari oleh banyak orang karena dianggap menggiurkan. Lantap berapa penghasilan Youtuber sebenarnya?

Dikutip dari Forbes, sebuah video YouTube dengan 1 juta views bisa menghasilkan lebih dari 500 dollar AS atau sekitar Rp7,2 juta.

Gaji yang besar ini membuat profesi Youtuber begitu diminati. Penghasilan Youtuber populer diperkirakan bisa mencapai jutaan rupiah per bulan. Bahkan, mereka dengan penghasilan terbesar di Indonesia mencapai miliaran rupiah tiap bulannya.

Tak heran, jika saat ini semakin banyak orang bahkan artis dan mantan pejabat yang menekuni dunia Youtube. Konten kreator di situs tersebut kian bertambah dengan berbagai konsep. Diantaranya yang populer, acara makan dan vlog.

Baca Juga:
Kobo Kanaeru, VTuber Populer Indonesia, Kenalan Yuk!

Gaji untuk para Youtuber ini salah satunya diperoleh dari Google Adsense. Bagi para kreator, layanan periklanan milik Google itu merupakan sumber penghasilan mereka.

Namun untuk bisa menikmati Google Ads, seorang kreator perlu memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh Google. Adapun poin-poinnya sebagai berikut:

  1. Akun email untuk kanal Youtube sudah diverifikasi oleh Google
  2. Mempunyai minimal 1000 subscriber atau pengikut
  3. Tidak melakukan spamming
  4. Memiliki 4000 jam tayang dalam satu tahun terakhir.

Setelah memenuhi persyaratan diatas, Youtuber bisa langsung mendaftarkan kanal miliknya ke Google Ads dengan cara berikut:

  1. Buka aplikasi Google Chrome
  2. Masuk ke situs resmi YouTube (youtube.com)
  3. Masuk menggunakan akun YouTube yang hendak didaftarkan ke program Google Ads
  4. Buka YouTube Studio dengan cara klik logo channel YouTube yang ada di kanan atas
  5. Kemudian pilih menu Monetisasi
  6. Isi seluruh data yang dibutuhkan
  7. Kirim formulir adsense yang telah diisi dan tunggu sampai Google menyetujui pengajuan.

Setelah pendaftaran adsense diterima, maka kreator akan menerima penghasilan atas video yang ia unggah. Perlu diketahui juga bahwa gaji tiap YouTuber bisa berbeda.

Pasalnya ada banyak hal yang mempengaruhi. Misal, jumlah klik pada iklan yang muncul, lokasi sebuah negara, topik atau konsep, isi konten video, hingga harga iklan yang muncul pada kanal tersebut.

Baca Juga:
6 Pekerjaan di Internet yang Bisa Menghasilkan Banyak Cuan

Rata-rata gaji YouTuber pemula diketahui bisa mencapai 18 USD atau sekitar Rp245 ribu untuk 1000 tayangan video. Nominal ini tentu bukan angka pasti, sebab besaran penghasilan dari YouTube dapat berubah seiring dengan tren dan perkembangan situs itu sendiri.



#Terlihat #Menggiurkan #Berapa #Penghasilan #Seorang #Youtuber

Sumber : www.suara.com