Berita  

Penyebab Tubuh Menggigil Saat Kedinginan

Penyebab Tubuh Menggigil Saat Kedinginan

Loka.co.id – Setiap orang mungkin pernah mengalami kondisi tubuh menggigil. Biasanya terjadi saat udara terlalu dingin maupun sedang mengidap penyakit tertentu seperti infeksi, atau kecemasan emosional.

Mengigil sebenarnya respon alami dari badan akibat terjadinya penurunan suhu tubuh. Ketika suhu menurun, tubuh akan melakukan mekanisme untuk memproduksi panas lebih banyak atau mengurangi pengeluaran panas melalui keringat. 

Efek dari mekanisme itu menimbulkan rasa menggigil. Jadi, sebenarnya saat menggigil, tubuh sedang berusaha menaikkan suhu tubuh kembali normal.

Menaikkan suhu tubuh juga bisa dilakukan secara eksternal dengan mengenakan baju hangat, selimut, juga mengoleskan sesuatu yang hangat, seperti minyak kayu putih atau minyak telon.

Baca Juga:
Mengancam Kesehatan, Ini 3 Cara Mikroplastik Masuk ke Tubuh Manusia

Atau juga bisa mengonsumsi makanan dan minuman hangat agar suhu tubuh bisa cepat kembali normal.

Dikutip dari Ruang Guru, apabila penurunan suhu tubuh terjadi secara drastis hingga di bawah 35°C, itu menjadi tanda seseorang mengalami hipotermia.

Hipotermia adalah kondisi darurat medis yang terjadi ketika tubuh lebih cepat kehilangan panas daripada menghasilkan panas. Sehingga suhu tubuh akan menurun secara drastis dan tubuh akan menggigil berlebihan.

Normalnya, suhu tubuh manusia berada di kisaran 35°C sampai 36°C. Apabila suhu tubuh di atas 37°C atau di bawah 35°C, kemungkinan ada yang salah dengan tubuh. Karena, bisa jadi itu menjadi tanda gejala penyakit tertentu ataupun mengalami demam 

Menggigil Diperintahkan Oleh Otak
Mekanisme menggigil terjadi karena ada perintah dari otak yang menangkap respon suhu tubuh alami penurunan. Suhu yang dingin akan membuat otot-otot menjadi melambat gerakannya dan menjadi kaku.

Baca Juga:
3 Manfaat Melakukan Diet Mediterania bagi Kesehatan Tubuh

Setelah otak menerima ‘laporan’ dari kondisi tubuh, maka akan memerintahkan tubuh untuk menghasilkan panas agar suhu tubuh kembali normal.

Selain itu, otak akan memerintahkan otot-otot yang tegang (berkontraksi) untuk berelaksasi. Gerakan otot-otot itu yang disebut dengan menggigil.



#Penyebab #Tubuh #Menggigil #Saat #Kedinginan

Sumber : www.suara.com