Berita  

Besok Ribuan Mahasiswa Kembali Demo Tolak Draf RKUHP di Gedung DPR RI

Besok Ribuan Mahasiswa Kembali Demo Tolak Draf RKUHP di Gedung DPR RI

Loka.co.id – Mahasiswa kembali menggelar aksi demonstrasi menolak draf RKUHP di depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat pada Selasa (28/6/2022) besok. Diperkirakan akan hadir 1.000 mahasiswa.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin menyebut peserta aksi berasal dari BEM Universitas Indonesia (UI), FISIP UI, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Kristen Indonesia (UKI), dan Blok Politik Pelajar.

“Perkiraan sekitar 500 sampai 1.000 orang,” kata Komarudin kepada wartawan, Senin (27/6/2022).

Komarudin belum menyebut pasti jumlah personel kepolisian yang akan diterjunkan untuk mengamankan aksi demonstrasi besok. Dia mengklaim masih menyusun rencana pengamanannya.

Baca Juga:
Didesak Mahasiswa Buka Draf RKUHP, Jawaban Pemerintah: Belum Bisa

“Kita akan turunkan personel sesuai kebutuhan dan potensi kerawanan. Sementara kita masih buatkan rencana pengamanan,” katanya.

Pada Selasa (21/6/2022) pekan lalu, mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Nasional Reformasi KUHP ini telah menggelar aksi demonstrasi di depan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Mereka menggelar aksi tersebut karena menilai adanya pasal-pasal bermasalah dalam draf RKUHP.

Ketika itu, aksi demonstrasi ini juga digelar sebagai perayaan hari ulang tahun Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang ke 61.

Dalam keterangannya, mereka juga mengultimatum Presiden Jokowi dan DPR untuk segera membuka draf RKUHP dalam kurun waktu 7×24 jam. Jika hal tersebut tidak dilaksanakan mereka memastikan akan menggelar aksi demonstrasi yang lebih besar lagi.

Baca Juga:
Tak Kunjung Kirim Draf RKUHP ke DPR RI, Alasan Pemerintah: Masih Banyak Typo



#Besok #Ribuan #Mahasiswa #Kembali #Demo #Tolak #Draf #RKUHP #Gedung #DPR

Sumber : www.suara.com