Berita  

Bacaan Sholawat dan Doa Sesudah Adzan yang Perlu Dipanjatkan

Bacaan Sholawat dan Doa Sesudah Adzan yang Perlu Dipanjatkan

Loka.co.id – Ada beberapa amalan yang bisa dilakukan setelah mendengarkan adzan, salah satunya adalah membaca doa dan sholawat. Adzan merupakan pertanda masuknya waktu shalat. Sebagai umat muslim, doa setelah adzan perlu kita baca demi mendapatkan pahala yang berlimpah.

Allah SWT menjanjikan banyak pahala untuk umatnya yang melafalkan atau mendengarkan adzan. Saat adzan dikumandangkan, orang yang mendengarnya disunahkan untuk menjawabnya dengan doa. Bagaimana bacaan doa dan sholawat setelah adzan? 

Doa Setelah Adzan

Mengutip laman NU Online, kitab Asna al-Mathalib karya Imam Zakaria al-Anshary menyebutkan bahwa umat muslim yang mendengarkan adzan disunahkan untuk membaca sholawat setelahnya. Utamanya adalah membaca sholawat Ibrahimiyyah.

Baca Juga:
Bacaan Doa Ayat Kursi Latin Lengkap dengan Keutamaannya Bagi Kehidupan

Berikut ini adalah bacaan sholawat setelah adzan:

“Allahumma shalli ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala `ali sayyidina Muhammad kama shallaita ‘ala sayyidina Ibrahim, wa ‘ala `ali sayyidina Ibrahim, wa barik ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala `ali sayyidina Muhammad kama barakta ‘ala sayyidina Ibrahim, wa ‘ala `ali sayyidina Ibrahim, innaKa Hamidun Majidun”.

Artinya:

“Ya Allah, berilah rahmat pada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya, sebagaimana Engkau merahmati Nabi Ibrahim dan keluarganya, serta berkati-lah Nabi Muhammad SAW dan keluarganya, sebagaimana Engkau berkatilah Nabi Ibrahim AS dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung”.

Kemudian, umat muslim juga dapat melanjutkan sholawat di atas dengan bacaan doa setelah adzan berikut ini:

Baca Juga:
Kumpulan Doa Agar Diterima di Sekolah yang Diinginkan, Mudah Dihafalkan!

“Allahumma Rabba hadzihid-da’wati at-tammati, wash-shalatil-qaimati, ati sayyidana Muhammad al-washilah wal fadlilah, wad-darajatar rafî’ah wab’atshu maqaman mahmudan alladzi wa’adtah, innaka la tukhliful-mi’ad”.



#Bacaan #Sholawat #dan #Doa #Sesudah #Adzan #yang #Perlu #Dipanjatkan

Sumber : www.suara.com