Berita  

22 Tenda Darurat Dibangun di Salunangka, Terdampak Gempa Mamuju Cukup Parah

22 Tenda Darurat Dibangun di Salunangka, Terdampak Gempa Mamuju Cukup Parah

Loka.co.id – Sebanyak 22 tenda darurat dibangun di kawasan Salunangka Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro Kabupaten Mamuju. Kawasan itu terdampak gempa Mamuju cukup arah.

Tenda-tenda itu dibangun Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.

Akibat gempa 5,8.magnitudo yang mengguncang Kabupaten Mamuju pada Rabu (8/6) puluhan rumah warga mengalami kerusakan berat di lingkungan Salunangka tersebut.

“Pemerintah Sulbar melalui Dinas Sosial Sulbar membangun sebanyak 22 tenda darurat di Salunangka Kelurahan Rangas, karena di wilayah itu kerusakan rumah warga cukup parah akibat gempa,” kata penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik di Mamuju, Sabtu.

Baca Juga:
Gempa Bumi Berkekuatan 5,3 Guncang Pacitan dan Sekitarnya, Getaran Bahkan Sampai Yogyakara

Salunangka merupakan titik terparah dampak gempa bumi Mamuju, sehingga bantuan tenda darurat diberikan pemerintah.

“Agar warga yang rumahnya rusak parah, mendapatkan hunian sementara, maka bantuan tenda darurat ini diturunkan untuk digunakan pengungsi gempa yang rumahnya rusak,” katanya.

Ia mengatakan, pemerintah Sulbar telah menyatakan status tanggap darurat gempa bumi Mamuju dari 8 Juni sampai 14 Juni 2022.

Sehingga, pemerintah Sulbar melakukan pendataan rumah warga yang rusak untuk selanjutnya akan diberikan bantuan stimulan perbaikan rumah termasuk di lingkungan Salunangka tersebut.

Gubernur berharap dengan bantuan tenda darurat dan logistik berupa makanan dapat membantu meringangkan beban hidup masyarakat korban gempa di Salunangka.

Baca Juga:
Wakil Bupati Majene Imbau Warga Kembali ke Rumah Masing-masing

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto juga telah meminta pemerintah Sulbar melakukan pendataan rumah rusak akibat gempa agar dapat ditangani dan diberikan bantuan termasuk di lingkungan Salunangka tersebut secepatnya.



#Tenda #Darurat #Dibangun #Salunangka #Terdampak #Gempa #Mamuju #Cukup #Parah

Sumber : www.suara.com