Berita  

Menkominfo Sebut Metaverse Jadi Langkah Awal Masa Peradaban Kreasi Bangsa

Menkominfo Sebut Metaverse Jadi Langkah Awal Masa Peradaban Kreasi Bangsa

Loka.co.id – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate berharap, mahasiswa tidak berhenti berkreasi dan berinovasi di Masa Peradaban Kreasi atau Age of Creations. 

“There is nothing like a dream to create the future, begitulah Victor Hugo, seorang penyair klasik kebesaran Prancis mendeskripsikan pentingnya mimpi, visi, dan imajinasi dalam membentuk masa depan,” ujarnya saat menyampaikan Keynote Speech Unpacking the Metaverse: Akselerasi Transformasi Digital dalam Menyambut Teknologi Masa Depan yang berlangsung di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Rabu (18/05/2022).  

“Kutipan tersebut menyadarkan kita, bahwa gambaran masa depan bukan hanya milik futurolog, namun milik kita semua yang mempunyai mimpi.  Saat ini, kita tengah menjalani masa peradaban yang oleh para pemikir terdahulu hanya dianggap sebatas mimpi,” ujar dia.

Mengutip pemikiran James Arbib dan Tony Seba dalam publikasi yang berjudul “Rethinking Humanity”, Menteri Johnny mengupas masa peradaban kreasi yang akan dimasuki bersama.

Baca Juga:
Menteri Johnny Buka Sidang Kedua DEWG G20 di Yogyakarta Hari Ini

“Mereka menjelaskan bahwa saat ini kita tengah berada di antara dua masa peradaban, yakni Masa Peradaban Ekstraksi (The Age of Extraction) yang akan segera kita tinggalkan, dan Masa Peradaban Kreasi (The Age of Creation) yang akan menjelang,” jelasnya.

Menurut Menkominfo, Masa Peradaban Kreasi ditandai dengan perubahan kecenderungan untuk melakukan terobosan.

“Yang semula dilakukan dengan melakukan ekspansi geografis, menjadi mengandalkan peningkatan kemampuan teknologi, diantaranya dengan teknologi kunci artificial intelligence, precision biology, internet-of-things (IoT), blockchain, dan additive manufacturing,” kata dia.

Menurut Menteri Johnny, Masa Peradaban Kreasi mendasarkan pada sistem produksi yang terdesentralisasi, menghasilkan karakteristik infinite returns dan near-infinite supply.

“Dengan kondisi itu berpotensi akan membuka sejarah baru kehidupan manusia, yakni the age of freedom,” ujarnya.

Baca Juga:
Sambut Hangat Delegasi DEWG G20, Menteri Johnny: Sugeng Rawuh Ing Ngayogyakarta!

Salah satu teknologi yang akan berkembang adalah Metaverse. Menurut Menkominfo, teknologi itu akan menjadi salah satu bentuk kreasi idea from the scratch atau ide awal dalam The Age of Creation ini. 



#Menkominfo #Sebut #Metaverse #Jadi #Langkah #Awal #Masa #Peradaban #Kreasi #Bangsa

Sumber : www.suara.com