Berita  

Hidup 72 Juta Tahun Lalu, Spesies Dinosaurus Baru Ditemukan di Jepang

Hidup 72 Juta Tahun Lalu, Spesies Dinosaurus Baru Ditemukan di Jepang

Loka.co.id – Para ilmuwan dari Museum Universitas Hokkaido menemukan spesies baru dinosaurus yang diberi nama Paralitherizinosaurus japonicus.

Hidup selama Zaman Kapur Atas sekitar 72 juta tahun lalu, satwa purba itu termasuk ke dalam Therizinosauridae, keluarga dinosaurus theropoda kecil hingga besar.

“Sejauh ini fosil Therizinosaurus telah ditemukan ditemukan di Mongolia dan China,” kata Yoshitsugu Kobayashi, ahli paleontologi, seperti dikutip dari Sci News pada Jumat (27/5/2022).

Paralitherizinosaurus japonicus [sci-news.com, image credit: Masato Hattori].

Fragmen fosil Therizinosaurus diketahui dari Jepang, tepatnya terletak di tepi timur benua Asia selama periode Kapur sebelum pembukaan Laut Jepang selama Zaman Miosen.

Baca Juga:
Contoh Nickname Game Jepang, Banyak Pilihan Menarik!

Salah satu spesimen ini, yang dikumpulkan dari Formasi Osoushinai di Kota Nakagawa, Prefektur Hokkaido, sebelumnya diidentifikasi sebagai dinosaurus maniraptoran, tetapi status taksonominya tetap belum terselesaikan.

Dalam studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, Kobayashi dan tim ilmuwan lainnya memeriksa ulang spesimen dan mengidentifikasinya sebagai spesies Therizinosaurus baru.

Paralitherizinosaurus japonicus adalah spesimen Therizinosaurus ketiga dari Jepang,” tambah Kobayashi.

Spesies baru ini juga merupakan Therizinosaurus termuda yang ditemukan di Jepang dan yang pertama ditemukan dari endapan laut di Asia.

Menurut para peneliti, ini menunjukkan keberadaan Therizinosaurus untuk waktu yang lama di tepi timur benua Asia dan adaptasi Therizinosaurus ke lingkungan pesisir.

Baca Juga:
Ambulans dan Mobil Damkar dari Konsulat Jepang Segera Tiba di Sulawesi Barat



#Hidup #Juta #Tahun #Lalu #Spesies #Dinosaurus #Baru #Ditemukan #Jepang

Sumber : www.suara.com