Berita  

Psikiater Jelaskan Pentingnya Self Care untuk Perempuan: Ini Bukan Hal Egois!

Psikiater Jelaskan Pentingnya Self Care untuk Perempuan: Ini Bukan Hal Egois!

Loka.co.id – Seiring berjalannya waktu, banyak perempuan mengerti pentingnya self care atau merawat diri sendiri. Menurut psikiater, hal ini sangat penting.

“Merawat diri itu penting. Kita harus mengutamakan diri kita sendiri, demi kebaikan kita sendiri. Jika kita tidak menjaga diri sendiri, kita tidak bisa menjaga orang lain,” jelas Konsultan Psikiater Siddhika Ayyer.

Menurutnya, self care bukanlah hal egois.

Ayyer mengatakan bahwa masih banyak perempuan yang cenderung merasa bersalah karena mengurus diri sendiri. Bahkan, ketika hal itu diperlukan demi kesejahteraan mereka.

Baca Juga:
Mengenal Me Time dan Manfaatnya untuk Kehidupan Sehari-hari

“Saya minta perempuan untuk melatih diri sendiri untuk berpikir, ‘Saya mencintai diri saya sendiri’,” imbuh Ayyer, dilansir Times of India.

Ilustrasi wanita sedang meminum kopi. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Wajib ‘me time’ untuk menghilangkan stres

Psikiater Aafrin mengatakan bahwa perempuan harus menghabiskan waktu dengan dirinya sendiri.

“Pikiran Anda perlu rileks, dan untuk itu, Anda perlu menghabiskan waktu hanya dengan diri sendiri dengan melakukan sesuatu yang Anda sukai, atau tidak sama sekali,” ujar Aafrin.

Ia melanjutkan, “Kembangkan hobi dan lakukan secara teratur, atau duduk dengan minum kopi, menatap ke luar jendela selama beberapa menit.”

Baca Juga:
Kasihan Lihat Aurel Hermansyah Capek Urus Anak, Atta Halilintar Beri Waktu untuk Me Time

Menurut Ayyer, semuanya dimulai dari pikiran.

Meluangkan waktu untuk bersantai, memikirkan rencana untuk dihabiskan hari itu dan fokus pada apa yang perlu dilakukan untuk kesehatan yang lebih baik, bisa menjadi langkah awal menuju self care.

Kurangnya perawatan diri dan waktu istirahat menyebabkan stres. Ini dapat memperburuk banyak penyakit, seperti hipertensi, diabetes, penyakit jantung, infertilitas, ketidakseimbangan hormon, dan penyakit kulit.

“Seringkali pengobata tidak manjur jika Anda terlalu stres,” tandas Aafrin.



#Psikiater #Jelaskan #Pentingnya #Care #untuk #Perempuan #Ini #Bukan #Hal #Egois

Sumber : www.suara.com