Berita  

Menkes Budi Samakan Delmicron dengan Covid-19 Varian Lambda

Menkes Budi Samakan Delmicron dengan Covid-19 Varian Lambda

Loka.co.id – Menteri Kesehatan atau Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa Delmicron sama seperti Covid-19 varian Lambda, yang awalnya dianggap sebagai varian Covid-19 yang menakutkan tapi kenyataannya tidak perlu dikhawatirkan.

Delmicron bukanlan varian baru Covid-19, melainkan seseorang yang terinfeksi dua varian Covid-19 secara bersamaan.

Varian Lambda pertama kali terdeteksi di Peru pada Agustus 2020. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memasukannya dalam variant of interest (VoI) yang lebih menular dan lebih menyebabkan gejala parah.

“Jadi kalau melihat gejalanya, seperti Lambda, tidak mengkhawatirkan seperti yang dibayangkan sebelumnya,” ujar Menkes Budi saat konferensi pers, Jumat (18/3/2022).

Baca Juga:
Lanjutkan Percepatan Vaksin Booster, Pemkot Jogja Aktifkan Lagi Vaksinasi di Kantor Kelurahan

Menkes Budi menerangkan bahwa kasus Delmicron pertama kali ditemukan di Eropa, dan baru ditemukan beberapa kasus. Bahkan dia mengatakan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah menyatakan Delmicron sebagai variant under monitoring.

“Variant under monitoring itu belum dipastikan transmisinya lebih cepat atau tidak, lebih parah atau tidak, belum bisa dipastikan,” tutur Menkes Budi.

Ia menambahkan, kondisi Delmicron sangat berbeda seperti yang terjadi pada varian Omicron, yang dalam waktu dua minggu oleh WHO ditetapkan sebagai variant of concern (VoC).

Seperti diketahui, Omicron memang secara cepat dan masif menyerang penduduk dunia. Bahkan Omicron sudah menyebar dan mendominasi kasus Covid-19 yang saat ini ada di dunia.

Varian Omicron juga diketahui punya kemampuan menularkan 300 kali lebih cepat dibanding varian sebelumnya yaitu Alpha, Beta, maupun Delta. Tapi, Omicron tidak menyebabkan keparahan yang lebih buruk dibandingkan varian Delta.

Baca Juga:
Changbin Positif Covid-19, Jadwal Stray Kids Ditangguhkan



#Menkes #Budi #Samakan #Delmicron #dengan #Covid19 #Varian #Lambda

Sumber : www.suara.com