Berita  

Jaga Kesehatan Mulut dan Gigi, Cobalah Konsumsi 2 Makanan Ini!

Jaga Kesehatan Mulut dan Gigi, Cobalah Konsumsi 2 Makanan Ini!

Loka.co.id – Kesehatan gigi menjadi salah satu aspek kesehatan tubuh yang seringkali terabaikan. Padahal kesehatan mulut yang buruk tidak hanya menyebabkan gigi berlubang, erosi gigi, dan peradangan gusi.

Pada kasus yang lebih parah, kesehatan mulut yang buruk bisa menyebabkan penyakit jantung, kanker dan diabetes.

Cara terbaik menjaga kesehatan mulut, gigi dan gusi adalah sikat gigi rutin dan melakukan flossing dua kali sehari.

Adapula makanan tertentu yang juga membantu menjaga gigi tetap berkilau dan kuat. Menurut seorang ahli dilansir dari Times of India, ada dua makanan yang bisa membantu mengurangi risiko masalah gigi.

Baca Juga:
WHO Peringatkan Munculnya Rekombinan Virus Corona Omicron BA.1 Dan BA.2

1. Cokelat

Dr Khaled Kasem, Kepala Ortodontis di Impress, mengungkapkan bahwa beberapa makanan membantu menghilangkan plak dan menjaga kesehatan gusi.

ilustrasi cokelat (Unsplash)

Ia mengatakan cokelat merupakan salah satu makanan yang membantu menjaga kesehatan gigi. Karena, cokelat mengandung zat antibakteri kuat untuk membantu mengatasi masalah gigi.

Tapi, bukan berarti Anda harus mengonsumsi cokelat secara berlebihan. Sepotong kecil cokelat dalam sehari dapat membantu mencegah kerusakan gigi.

2. Produk susu

Baca Juga:
WHO Sudah Memprediksi Munculnya Rekombinan Virus Corona, Salah Satunya Omicron BA.1 dan BA.2

Produk susu yang kaya akan kalsium dan vitamin D bia membantu memperkuat dan memutihkan gigi. Selain itu, kalsium dan fosfat dalam produk susu memberikan nutrisi yang cukup untuk gigi Anda dan membangun kembali email gigi.

Meskipun susu dan cokelat adalah dua pilihan utama Dr Kasem, ada makanan lain yang juga bisa menjaga kesehatan mulut, yakni beri dan buah-buahan lainnya.

Buah-buahan seperti stroberi, apel, dan blueberry kaya akan nutrisi dan tinggi serat yang dapat membersihkan plak dan mengurangi risiko gigi berlubang.

Saat Anda mengunyah buah-buahan ini, mulut Anda menghasilkan lebih banyak air liur yang berfungsi sebagai pelindung gigi dan menghilangkan plak.

Mereka juga rendah kandungan gula sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang kuantitas. Buah beri juga memiliki sifat antioksidan dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis.



#Jaga #Kesehatan #Mulut #dan #Gigi #Cobalah #Konsumsi #Makanan #Ini

Sumber : www.suara.com