Berita  

Bunda Harus Tahu, Ini 6 Makanan yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak

Bunda Harus Tahu, Ini 6 Makanan yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak

Loka.co.id – Makanan yang sehat sangat penting untuk tubuh dan nutrisi harian. Tidak cuma itu, makanan yang memiliki sumber yang baik juga dapat bermanfaat bagi perkembangan otak terutama otak anak.

Sebagaimana yang diungkap oleh Psikiater Drew Ramsey, MD, yang dilansir dari Webmd, makanan sehat tidak hanya baik untuk perkembangan otak, tetapi juga dapat memengaruhi tingkat fokus serta keterampilan kognitif.

Berikut ini adalah enam makanan yang baik untuk perkembangan otak anak.

1. Telur

Baca Juga:
Punya Masalah Kulit Kering dan Berminyak, Coba Lakukan Tips Kecantikan Ala Turbo Beauty

Ilustrasi telur rebus. (Shutterstock)

Telur dikenal memiliki sumber protein, rendah kalori, dan juga vitamin yang disebut dapat membantu mengembangkan otak serta konsentrasi anak. Tentu makanan ini bisa disajikan dalam bentuk telur rebus maupun telur orak-arik sebagai camilan sore hari.

2. Sayuran Hijau

Ilustrasi sayuran hijau.(Pixabay.com/Sponchia)
Ilustrasi sayuran hijau.(Pixabay.com/Sponchia)

Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung, memiliki sumber folat dan juga vitamin. Jika dikonsumsi dengan baik, sayuran bisa bermanfaat bagi otak anak, bahkan beresiko rendah terkena penyakit demensia di kemudian hari.

3. Ikan

Ilustrasi ikan. (Unsplash.com/camila igisk)
Ilustrasi ikan. (Unsplash.com/camila igisk)

Ikan merupakan makanan yang memiliki sumber vitamin D dan omega-3 yang baik, di mana kedua sumber ini dapat melindungi otak dari penurunan keterampilan mental serta kehilangan memori. Rekomendasi ikan yang baik untuk dikonsumsi adalah salmon, tuna, hingga ikan sarden.

Baca Juga:
Bahaya Sering Menahan Lapar, Ketahui Apa Saja Efek Sampingnya

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang Hazelnut (pixabay)
Kacang Hazelnut (pixabay)

Makanan yang satu ini dikemas lewat sumber protein, asam lemak esensial, vitamin, serta mineral. Tentunya, sumber ini dapat meningkatkan mood anak serta menjaga sistem saraf otak agar tetap terkendali.

5. Oatmeal

Ilustrasi Oatmeal.(Pexels/Mike)
Ilustrasi Oatmeal.(Pexels/Mike)

Oatmeal memiliki sumber kaya akan protein serta serat, yang dikenal dapat menjaga arteri jantung dan juga otak. Tidak hanya baik untuk orang dewasa, anak-anak yang mengonsumsi oatmeal dapat meningkatkan memori otak mereka.

6. Apel dan Prem

Kulit Apel (pixabay)
Apel (pixabay)

Anak-anak juga membutuhkan makanan manis saat mereka lesu. Buah apel dan prem misalnya, memiliki sumber quercetin dan juga antioksidan, di mana kedua makanan ini dapat melawan penurunan keterampilan mental.



#Bunda #Harus #Tahu #Ini #Makanan #yang #Baik #untuk #Perkembangan #Otak #Anak

Sumber : www.suara.com